Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Contoh Soal, Kimia

Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Contoh Soal, Kimia – Proses osmosis suatu larutan dapat dihentikan. Proses osmosis juga bahkan dapat dibalikkan arahnya dengan menerapkan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmosis larutan. Proses ini dinamakan osmosis balik. Osmosis balik berkhasiat dalam desalinasi (penghilangan garam) air laut untuk memperoleh air tawar dan garam dapur, menyerupai dapat dilihat pada Gambar 1.
 Proses osmosis suatu larutan dapat dihentikan Proses Osmosis Balik, Tekanan Luar, Rumus, Contoh Soal, Kimia
Gambar 1. (a) Alat desalinasi air laut melalui osmosis balik. (b) Alat desalinasi tersusun atas silinder-silinder yang dinamakan permeator, yang mengandung jutaan serat berongga kecil. (c) Dengan adanya tekanan, air laut masuk ke dalam permeator dan masuk ke dalam serat berongga sehingga ion-ion garam dapat dipisahkan dari air laut.
Penerapan tekanan dari luar yang melebihi nilai π (tekanan osmotik) menjadikan terjadinya osmosis balik.
Pada proses desalinasi, molekul-molekul air keluar dari larutan meninggalkan zat terlarut. Membran yang dapat digunakan untuk proses osmosis balik ialah selulosa asetat. Membran ini dapat dilewati oleh molekul air, tetapi tidak dapat dilewati oleh ion-ion garam dari air laut.
Contoh Soal Cara Menentukan / Menghitung Tekanan Luar pada Proses Osmosis Balik :
Air gula (C12H22O11) memiliki konsentrasi 0,5 M. Berapakah tekanan minimum yang harus diterapkan pada air gula 0,5 M untuk memisahkan gula dari pelarutnya secara osmosis balik pada 25 °C?
Jawaban :
Tekanan minimum ialah tekanan luar yang setara dengan tekanan osmotik larutan.
π = (0,5 mol L–1)(0,082 L atm mol–1 K–1)(298K) = 4,018 atm
Jadi, tekanan luar yang dibutuhkan supaya terjadi osmosis balik harus lebih besar dari 4,018 atm. (jika tekanan luar sama dengan π, tidak terjadi osmosis balik, tetapi hanya hingga menghentikan tekanan osmotik larutan).
Anda sekarang sudah mengetahui Osmosis Balik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Referensi :
Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.


Sumber http://www.nafiun.com/