Program Kerja Kabinet Natsir dan Penyebab Jatuhnya

Oke sahabat semua, pada artikel ini saya akan mengembangkan bahan program kerja kabinet natsir dan penyebab jatuhnya. Kabinet Natsir sendiri merupakan salah satu kabinet yang ada pada sistem politik Indonesia masa demokrasi liberal. Kabinet ini berlangsung kurang dari satu tahun, tepatnya tanggal 6 September 1950 sampai 21 Maret 1951.

Pada artikel ini, kita akan mencari tahu, aktivitas kerja Kabinet Natsir itu apa saja dan apa yang menjadikan kabinet ini berlangsung cukup singkat. Semua itu akan kita cari jawabannya pada artikel ini.

Kabinet Natsir ialah kabinet pertama yang muncul pada masa Demokrasi Liberal berlaku di Indonesia. Kabinet ini merupakan kabinet hasil koalisi yang dipimpin oleh Masyumi dan perdana mentrinya berjulukan Moh.Natsir.

Kabinet Natsir ini mendapat sokongan dari tokoh-tokoh terkenal yang memiliki reputasi cukup bagus, menyerupai misalnya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Mr. Asaat, Mr. Moh. Roem, Ir. Juanda, dan Dr. Sumitro Joyohadikusumo.

Oke kita lansung saja menuju ke bahan inti, yaitu program Kerja Kabinet Natsir dan Penyebab Jatuhnya.

Program Kerja Kabinet Natsir

Program Kerja Kabinet Natsir

Nah sob, kabinet Natsir ini memiliki aktivitas kerja menyerupai berikut :
  1. Menggiatkan usaha keamanan dan ketenteraman.
  2. Konsolidasi dan menyempurnakan pemerintahan.
  3. Menyempurnakan organisasi angkatan perang.
  4. Mengembangkan dan memperkuat ekonomi kerakyatan.
  5. Memperjuangkan penyelesaian duduk perkara Irian Barat.

Penyebab Jatuhnya Kabinet Natsir

Penyebab Jatuhnya Kabinet Natsir

Pada masa kabinet inilah awal mula terjadinya perundingan antara Indonesia dan Belanda. Perundingan tersebut membahas perihal Irian Barat yang berlangsung tanggal 4 Desember 1950. Namun, perundingan yang dilakukan kabinet Natsir tersebut tidak menghasilkan apa-apa, hal itulah yang membuat munculnya mosi tidak percaya dari dewan legislatif terhadap kabinet Natsir. Itulah awal mula jatuhnya kabinet ini, dan puncaknya terjadi pada tanggal 21 Maret 1951.

Nah sekian artikel dari saya mengenai Program Kerja Kabinet Natsir dan juga penyebab jatuhnya kabinet natsir, agar bermanfaat ya sob…..