Profesi/Pekerjaan yang Tidak Baik Untuk Kesehatan dan Keselamatan Diri

Bekerja yaitu melaksanakan sesuatu yang dapat menghasilkan sesuatu atau untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.  Ada banyak macam dan ragam pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh insan di seluruh dunia.  Dengan bekerja seseorang mungkin saja dapat memenuhi kebutuhan hidupnya atau dapat mewujudkan apa yang dicita-citakannya.  Dari begitu banyak pekerjaan yang mampu dikerjakan seseorang, terdapat profesi atau pekerjaan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan diri orang yang menjalaninya.  Mari kita lihat apa saja pekerjaan yang kurang baik bagi kesehatan dan keselamatan diri manusia.

Daftar Beberapa Pekerjaan / Profesi yang Memiliki Resiko Tinggi Bagi Kesehatan dan Keselamatan :

1. Pemeran Pengganti

Pemeran pengganti atau stunt man yaitu orang yang menggantikan pemain film utama atau pemain film pembantu penting dalam adegan-adegan berbahaya.  Luka, patah tulang, keganjilan atau bahkan final hidup selalu membayangi para pemain film pengganti.

2. Petugas Keamanan Satpam (Satuan Pengamanan) dan Petugas Ronda

Orang-orang yang memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan memiliki resiko yang cukup besar bertemu dengan orang-orang yang dapat melaksanakan tindakan kekerasan.  Aksi kejar-kejaran dan perkelahian yaitu sesuatu hal yang biasa terjadi apabila seorang satpam, hansip, peronda, dan lain sebagainya bertemu dengan pencuri, perampok, penjambret, pemabuk, pembuat onar, dan para penjahat lainnya.

3. TNI Polri (Tentara dan Polisi)

Pekerjaan sebagai polisi dan tentara bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.  Mereka yaitu orang-orang yang dipersiapkan untuk siap bertempur untuk menciptakan keamanan dan ketertiban negara.  Polisi harus siap maju menghadapi para pelaku tindak kriminal.  Tentara harus siap maju ke medan perang menghadapi musuh negara.  Terluka dan terbunuh yaitu hal yang biasa bagi profesi polisi dan tentara di mana pun mereka berada.

4. Tukang Sampah / Petugas Kebersihan

Petugas kebersihan yang mengumpulkan sampah dan mengirimnya ke daerah pembuangan sampah besar yaitu orang-orang yang beresiko tinggi untuk terluka dikala bekerja dan terinfeksi penyakit berbahaya dari sampah-sampah yang mereka tangani.  Sampah-sampah tajam dan sampah-sampah yang mengandung kuman basil dan virus selalu mengintai mereka dan siap menerkam kepada siapa saja yang lengah.

5. Pekerja Malam Hari

Manusia yang bekerja di malam hari rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh angin malam.  Apalagi pekerjaan yang dilakoni di malam hari tersebut menyebabkan seseorang kekurangan tidur sehingga dapat memperlihatkan dampak negatif kepada organ-organ badan orang tersebut.  Pekerjaan menyerupai pedagang, supir, satpam, entertainer, dan lain sebagainya yaitu orang-orang yang sebagian di antaranya bekerja di malam hari.

6. “Para Penghibur”

“Wanita penghibur” dan “pria penghibur” yaitu orang-orang yang bekerja memperlihatkan kesenangan kepada orang lain dengan cara yang sangat berbahaya karena dapat tertular aneka macam penyakit menular yang sulit untuk disembuhkan dan bahkan yang belum dapat disembuhkan secara medis hingga dikala ini.

7. Atlit / Atlet Bela Diri

Membela diri yaitu sesuatu yang baik jikalau dilakukan dengan benar.  Namun jikalau membela diri dijadikan suatu perlombaan, maka akan menjadi sumber malapetaka bagi para pelakunya.  Berbagai bela diri menyerupai tinju, silat, karate, taekwondo, kempo, jiujitsu, gulat, dan lain sebagainya sering mengadakan perlombaan pertandingan.  Para penerima akan saling baku hantam untuk memperebutkan gelar juara.  Tidak jarang baku hantam antar penerima perlombaan menimbulkan cedera ringan, cedera berat hingga kematian.

8. Pekerja Tambang

Orang yang bekerja di tambang biasanya akan terpapar aneka macam bahan-bahan kimia yang diharapkan dalam proses penambangan.  Bahan-bahan kimia beracun itu mampu saja akan menimbulkan penyakit yang kemunculan gejalanya terjadi bertahun-tahun kemudian.  Belum lagi resiko kecelakaan di tambang yang mampu saja terjadi kapan saja akan menjadi sesuatu yang mengerikan bagi pekerja tambang yang ada di seluruh dunia.

9. Pawang Binatang Buas

Mengurusi binatang buas yaitu pekerjaan yang beresiko.  Binatang buas walaupun telah dijinakkan oleh pawang-pawangnya, tetap saja bintang buas tersebut memiliki insting dasar sebagai hewan yang ganas.  Acapkali terjadi kejadian adanya hewan buas yang tadinya jinak mengamuk sehingga menimbulkan orang-orang di sekitarnya mengalami cidera dan bahkan kematian.

10. Penjahat

Para penjahat menyerupai perampok, penodong, penjambret, penipu, pencuri, penculit, pemerkosa, koruptor, dan lain sebagainya yaitu pekerjaan yang sangat berbahaya.  Jika mereka hingga tertangkap massa maka ada kemungkinan mereka akan menjadi bulan-bulanan massa.  Banyak dari mereka yang menemui final hidup dikala dihakimi massa.  Jika tertangkap polisi dan masuk ke dalam penjara pun mereka akan menerima gangguan fisik dan mental selama berada di penjara.

Itulah sekelumit wacana pekerjaan-pekerjaan yang dapat merusak kesehatan seseorang yang melakoninya.  Alangkah baik apabila kita memilih pekerjaan yang baik untuk diri kita dan juga untuk orang lain yang ada di sekitar kita demi kebaikan bersama.  Kurang lebih mohon maaf dan kami ucapkan banyak terima kasih untuk kehadiran anda di website yang sederhana ini.