Ponsel/Handphone Untuk Anak-Anak & ABG Siswa-Siswi Pelajar Sekolah

Sudah menjadi kewajiban pemerintah untul melindungi segenap tumpah darah rakyat indonesia termasuk bawah umur dan para cukup umur yang masih muda belia.  Perkembangan teknologi yang tidak terbendung dari dalam dan luar negeri membuat pengaruh negatif datang mengalir dengan deras ke semua lapisan masyarakat.  Dalam dunia telekomunikas pun perkembangannya begitu mengkhawatirkan terutama apabila disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.  Anak-anak dan cukup umur pun sebagai pengguna teknologi komunikasi pun akan menjadi lebih mudah dijangkau oleh orang-orang jahat.

Handphone atau telepon seluler (ponsel) yakni suatu alat yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain serta suatu alat untuk menerima isu yang dicari penggunanya.  Untuk ponsel berakal yang terbaru ketika ini dapat mengakses banyak sekali isu yang ada di internet, memutar video, menyetel lagu, merekam video, membuat foto, dan lain sebagainya.  Di satu sisi ada begitu banyak manfaat handphone canggih, di sisi lain terdapat banyak sekali ancaman yang dapat ditimbulkan oleh ponsel pintar.

Sungguh memang celaka luar biasa alasannya yakni tidak ada aturan khusus dari pemerintah yang mengatur tipe handphone yang diperbolehkan digunakan oleh bawah umur dan cukup umur abg yang sebagian besar belum bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk.  Semua tipe ponsel boleh dibeli, dimiliki dan dipakai oleh anak-anak.  Anak-anak yang memiliki hp pun rata-rata tidak dibekali dengan pengetahuan wacana cara menggunakan handphone yang baik dan aman dari kejahatan.  Lebih celaka lagi orang renta kesulitan untuk mengontrol anak-anaknya ketika memakai handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Beberapa Tipe Ciri Ponsel / Handphone Khusus untuk Anak-Anak dan Para ABG Remaja :

1. Akses Jaringan Terbatas

Anak-anak dan cukup umur sebaiknya tidak diberikan jalan masuk seluas-luasnya mengakses dunia maya yang penuh dengan hal-hal negatif.  Saat ini pemerintah belum bisa memblokir 100% situs-situs yang tidak baik untuk masyarakat indonesia, sehingga harus dibuatkan jaringan internet tersendiri yang dibuat serta dijaga ketat oleh pemerintah.  Di dalam jaringan lokal tersebut dibuat dunia maya yang luas ibarat di internet dengan banyak sekali hal yang menyenangkan namun aman untuk dijelajahi oleh bawah umur dan remaja.

2. Alat Deteksi Orangtua

Ponsel untuk anak harus bisa menawarkan isu lokasi eksistensi anak, baik di sekolah, di jalan, maupun di tempat-tempat lainnya yang sulit untuk dipantau oleh para orangtua.  Dengan aplikasi ponsel berakal tertentu, eksistensi ponsel berakal milik anak dibutuhkan dapat dideteksi oleh orangtua, sehingga orangtua dapat selalu memantau eksistensi anak di mana pun berada.  Selain itu juga dibutuhkan bisa mendengarkan bunyi di sekitar lingkungan hp dan juga bisa melihat video stream eksklusif dari handphone anak untuk melihat apa yang terjadi dengan anak-anaknya dengan mudah.

3. Komunikasi Terbatas

Handphone anak sebaiknya hanya bisa digunakan untuk menghubungi nomor-nomor yang diizinkan oleh orangtua, pihak sekolah dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.  Jika ingin menambah nomor yang hendak dihubungi, seorang anak harus melapor kepada orangtuanya terlebih dahulu.

4. Sumber Ilmu Pengetahun

Dengan jaringan internet sendiri yang dijaga dengan begitu ketat oleh pemerintah maka pemerintah harus menyediakan banyak hal-hal menarik biar bawah umur dan para cukup umur betah belama-lama di dalamnya.  Dengan disediakannya ilmu pengetahuan berkualitas tinggi secara besar-besaran dibutuhkan bawah umur dan cukup umur menjadi terpacu semangatnya untuk berguru banyak hal yang sesuai dengan yang diinginkannya.

5. Permainan yang Mendidik

Anak-anak juga insan biasa yang biasanya suka dengan banyak sekali bentuk permainan, sehingga tidak ada salahnya menyediakan banyak sekali permainan mendidik yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.  Game yang dimasukkan ke dalam ponsel berakal harus menerima persetujuan dari para andal kejiwaan anak, para ulama, pemerintah dan lain-lain.  Hanya permainan yang telah diizinkan pemerintah saja yang dapat diinstall di ponsel berakal khusus untuk para cukup umur dan anak-anak.

6. Sistem Informasi Sekolah

Anak-anak dan cukup umur usia sekolah dapat mengakses sistem isu sekolahnya dengan mudah untuk menerima banyak sekali isu dan juga untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.  Para guru juga dapat menawarkan pelajaran online baik berupa goresan pena maupun gambar video.  Akan lebih baik lagi kalau ponsel berakal tersebut dapat melihat video streaming live dari cctv tertentu yang ada di sekolahnya.

7. Aplikasi Mendidik Penuh Manfaat

Sama halnya ibarat game, aplikasi yang bermanfaat juga mesti dipasang di ponsel berakal khusus bawah umur dan remaja.  Yang paling utama yakni aplikasi yang dapat menunjang acara berguru anak baik di sekolah maupun di rumah.  Aplikasi-aplikasi non pendidikan yang dirasa sangat bermanfaat pun juga perlu untuk ditambahkan ke dalam ponsel berakal khusus siswa siswi sekolah tersebut.  Untuk bisa menginstall aplikasi baru, harus atas persetujuan dari pihak-pihak yang berwenang.

8. Pengawasan Ketat Isi Handphone / Ponsel Pintar

Isi dari handphone serta segala bentuk komunikasi dan transaksi data dapat diawasi ketat oleh pemerintah, pihak sekolah dan juga orangtua.  Jangan hingga ada bahan pornografi, bahan pencucian otak, bahan kebencian, bahan bajakan dan lain sebagainya yang turut masuk di dalam ponsel berakal khusus bawah umur dan remaja.

9. Dapat Menjadi Komputer

Dengan menambahkan keyboard dan mouse maka ponsel berakal dapat berfungsi layaknya komputer kecil.  Handphone berakal dapat bekerja ibarat cpu dalam dunia personal computer (pc).  Jika dihubungkan dengan monitor komputer dapat menampilkan tampilan dengan resolusi yang besar ibarat layaknya komputer pc.  Dengan begitu bawah umur sekolah dapat menghemat biaya untuk membeli komputer, alasannya yakni handphonennya sudah otomatis dapat berfungsi layaknya sebuah komputer personal.

10. Biaya Komunikasi Murah dan Gratis

Anak-anak dan cukup umur pada umumnya belum bekerja penuh pada suatu perusahaan atau lembaga sehingga tidak memiliki banyak uang untuk membayar jasa koneksi internet.  Pemerintah dan masyarakat juga hendaknya menyediakan kemudahan wifi gratis biar masyarakat luas termasuk bawah umur dan para cukup umur dapat mengakses jaringan khusus tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.  Di ponsel berakal juga dibutuhkan dapat menyediakan suatu metode komunikasi jarak jauh tanpa harus membayar uang sepeserpun kepada operator telepon.

—-

Jika pemerintah memang serius ingin melindungi bawah umur dan cukup umur indonesia dari hal-hal negatif di dunia telekomunikasi yang semakin hari semakin canggih, maka harus mau memaksa bawah umur dan cukup umur untuk menggunakan handphone khusus.  Ditambah lagi dengan dukungan sanksi yang sangat tegas bagi bawah umur yang melaksanakan pelanggaran ibarat menggunakan telepon genggam yang bukan untuk usianya, mengubah sistem hape, merusak jaringan proteksi, dan lain sebagainya.  Dengan demikian maka akan tercipta suatu perlindungan yang utuh baik dari pemerintah, sekolah, orangtua maupun dari masyarakat lingkungan sekitar.