Piramida Penduduk : Bentuk dan Macam-Macam Piramida Penduduk

Hai sahabat semua, pada artikel ini aku akan menyebarkan bahan perihal piramida penduduk. Tidak hanya itu sob, kita juga akan melihat macam-macam piramida penduduk dan juga bentuk piramida penduduk dari masing-masing tadi.

Nah berbicara perihal bahan ini, akrab sekali kaitannya dengan duduk perkara kependudukan. Setiap negara pastinya memiliki duduk perkara kependudukan yang berbeda-beda. Nah pada artikel ini, yang akan kita bahas yaitu duduk perkara kependudukan berupa angka kelahiran dan angka kematian.

Angka kelahiran dan angka janjkematian akrab sekali kaitannya dengan duduk perkara kependudukan. Semakin banyak jumlah kelahiran dan semakin kecil jumlah kematian, maka akan menyebabkan terjadinya ledakan penduduk, begitu juga sebaliknya.

Untuk lebih mempermudah sahabat dalam memahaminya, ada sebuah metode yang dibuat untuk melihat menyerupai apa perbandingan antara janjkematian dan kelahiran dalam suatu negara, yaitu dengan menggunakan piramida penduduk.

Perlu sahabat ketahui, bentuk piramida penduduk itu sendiri lebih dari satu, nah kita akan membahas macam-macam piramida penduduk tersebut pada artikel ini dengan sangat jelas, padat, dan singkat.

Macam-Macam Bentuk Piramida Penduduk dan Bentuknya

Ada 3 macam bentuk piramida, yaitu piramida penduduk muda (young population/growing population), piramida penduduk stasioner (stasionery population/showing population growth), dan piramida penduduk bau tanah (old population).
Oke kita akan membahasnya satu persatu.
#1. Piramida Penduduk Muda (young population/growing population)
Piramida Penduduk Muda


Piramida penduduk muda atau young population atau growing population yaitu piramida yang menggambarkan penduduk yang sedang tumbuh atau berkembang. Artinya jumlah penduduk masih terus meningkat dengan ciri jumlah kelahiran lebih besar daripada kematian.
Umumnya, bentuk piramida penduduk menyerupai ini kita jumpai pada negara-negara berkembang menyerupai negara kita Indonesia, negara tetangga Malaysia, dan negara berkembang lainnya.
#2. Piramida Penduduk Stasioner (stasionery population/showing population growth)
Bentuk Piramida Penduduk Stasioner

Piramida penduduk stasioner yaitu piramida yang menggambarkan jumlah penduduk suatu negara yang relatif tetap atau stasioner. Hal itu mampu terlihat dari jumlah kelahiran yang sebanding dengan jumlah kematian. Biasanya piramida bentuk ini ditemui pada negara-negara maju yang mana duduk perkara kependudukan sangat diperhatikan sekali oleh pemerintah.

#3. Piramida Penduduk Tua (old population)

Piramida Penduduk Tua

Piramida penduduk tua yaitu piramida yang memperlihatkan penduduk menuju kemunduran, dengan ciri, sejumlah penduduk terus berkurang, janjkematian lebih besar daripada kelahiran, sebagian besar penduduk usia tua. Didunia ini jarang terdapat negara dengan tipe menyerupai ini.

Nah itu beliau artikel kali ini mengenai macam-macam piramida penduduk dan juga bentuknya, biar bermanfaat dan jangn lupa like dan share artikel ini ya sob.