Pilih Teman yang Baik-Baik Saja Jangan yang Jahat

Jika kita ingin hidup kita yakni hidup yang baik maka salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan yakni urusan pertemanan kita.  Penting untuk kita evaluasi lagi korelasi kita dengan teman-teman kita apakah merupakan korelasi pertemanan yang baik atau korelasi pertemanan yang tidak baik.  Sejak sedini mungkin kita harus melaksanakan antisipasi dalam hal pemilihan sahabat baik biar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di masa depan.

Terhadap teman-teman kita yang sudah baik tentu kita harus lanjutkan korelasi tersebut jangan hingga terputus begitu saja tanpa kejelasan kelanjutannya.  Bila perlu sering-seringlah melaksanakan silaturahim dengan teman-teman kita yang baik-baik secara rutin.  Dengan begitu kita tidak akan dilupakan oleh kawan-kawan kita yang baik.  Bila memungkinkan maka tambahlah perbendaharaan kawan kita dengan kawan gres yang berasal dari orang-orang sholeh dan sholehah.

Apabila dikala ini punya teman-teman yang tidak baik maka sebaiknya kita mulai membatasi gerak dengan mereka.  Hal ini disebabkan karena kawan yang buruk mampu menyeret kita kepada keburukan pula.  Tentunya apabila kita ingin selamat maka hendaknya kita mulai menjaga jarak dengan mereka.  Jika mereka sudah mulai parah, maka sebaiknya tinggalkan saja mereka.  Namun sebelum ditinggalkan hendaknya kita berikan pesan tersirat dulu secara baik-baik biar mereka sadar dan mau menjelma orang yang lebih baik.  Mudah-mudahan dengan begitu kita mampu terhindar dari malapetaka yang timbul karena berteman dengan orang-orang yang tidak baik.