Pihak / Orang-Orang yang Sayang dan Peduli Kepada Kita Apa Adanya

Dalam hidup kita sehari-hari kita akan bertemu dengan banyak orang dengan aneka macam latar-belakang dan aneka macam tabiat sikap perilakunya.  Dari sekian banyak orang yang menghiasi kehidupan kita, terdapat orang-orang yang memiliki suatu perasaan atau ikatan yang lebih kepada kita, baik orang-orang yang mempunyai relasi darah dengan kita maupun yang tidak.  Mereka memberika rasa sayang dan kepedulian kepada diri kita secara apa adanya.

Daftar Orang-Orang yang Sayang dan Peduli Terhadap Diri Kita :

1. Orang Tua

Kasih ibu ialah sepanjang masa yang tidak jauh berbeda dengan kasih seorang ayah kepada anak-anaknya.  Itu merupakan sikap orang renta yang normal.  Walaupun orang renta sering memarahi kita, namun pada dasarnya orang renta menginginkan anaknya untuk mampu hidup sukses dan bahagia.  Orang renta juga tidak akan segan-segan memperlihatkan pertolongan kepada anaknya walaupun anaknya sering membuat luka di hati orangtuanya.

2. Keluarga

Selain orang renta kandung kita, ada juga kakak, adik, isteri, anak-anak, paman, bibi, keponakan, kakek, nenek, ipar, cucu dan masih banyak lagi yang lainnya.  Apabila kita berbuat baik kepada mereka, maka mereka pun tidak akan ragu untuk memperlihatkan kasih sayang mereka kepada diri kita tanpa pamrih.  Setiap ada program keluarga pun mereka akan mengundang kita, kalau kita sakit mereka akan menjenguk kita, saat kita meninggal dunia mereka akan mengurus mayit kita, dan lain sebagainya.

3. Teman-Teman

Yang disebut sahabat itu sangatlah luas.  Ada sahabat sekolah, sahabat kantor, sahabat sepermainan, sahabat kursus, sahabat sehobi, sahabat nongkrong, sahabat sekampung dan lain sebagainya.  Teman ialah orang yang mampu dimintai tolong oleh kita untuk melaksanakan sesuatu.  Sebagai timbal baliknya kita pun juga harus memberi dukungan kepada teman-teman kita yang membutuhkannya.  Selama kita menyayangi dan menghargai mereka, teman-teman yang baik pun juga akan melaksanakan hal yang sama kepada diri kita.

4. Orang yang Pernah Ditolong

Bantulah orang lain yang membutuhkan pertolongan dengan tulus nrimo tanpa mengharapkan sesuatu apa pun.  Jika kita rajin melakukannya dengan baik, maka saat kita dalam kondisi membutuhkan dukungan biasanya akan ada saja orang yang membantu.  Jika tidak ada yang membantu kita di kala kesulitan melanda terimalah dengan nrimo tanpa kapok memberi dukungan kepada banyak orang di mana pun kita berada.

5. Tetangga

Orang-orang yang tinggal di akrab rumah kita ialah para tetangga kita.  Para tetangga kita baik yang kita kenal akrab maupun yang tidak begitu akrab memiliki kepedulian kepada diri kita.  Tetangga yang akrab dengan kita sudah pasti tidak suka melihat kita dan keluarga kita menderita.  Ketika kita mengadakan hajatan, mereka akan datang bila diundang.  Jika kita sakit kita akan dijenguk tetangga kita.  Jika ada keluarga kita yang meninggal dunia, mereka akan membantu mengurus mayit kita sampai tuntas tanpa mengharapkan suatu apa pun.

Itulah beberapa pihak atau orang yang menyayangi kita dan mempunyai kepedulian yang cukup baik terhadap diri kita.  Kita pun harus turut menjadi orang yang baik terhadap mereka sehingga tercipta relasi timbal balik yang harmonis penuh kerukunan.  Tinggalkan segala perbedaan yang ada selama mereka tidak memperlihatkan dampak negatif yang signifikan.  Tingkatkan toleransi dari perbedaan yang ada, alasannya ialah pada dasarnya perbedaan itu merupakan pangkal dari kenal-mengenal satu sama lain.  Selama berkasih sayang dengan orang-orang yang ada di dalam hidup kita dengan penuh nrimo alasannya ialah Tuhan SWT.