Perpindahan Kalor Konduksi Konveksi Radiasi : Pengertian dan Contohnya

Allright guys, kali ini aku akan membuatkan bahan wacana perpindahan kalor secara konduksi konveksi radiasi. Nah kita akan mencari tahu apa sih pengertian perpindahan secara konduksi, konveksi dan radiasi itu, serta contoh-contoh yang sering kita jumpai pada kehidupa sehari-hari.

Nah mungkin dari kita sering menemui hal-hal sederhana ibarat mencicipi hangat saat berada didekat api unggun, nah itu ternyata ada penjelasannya lho sob. Makara peristiwa tersebut termasuk salah satu teladan perpindahan kalor. Penasaran ibarat apa penjelasannya? Langsung saja kita mulai pembahasan kali ini.

Panas atau kalor ialah energi yang berpindah alasannya ialah perbedaan suhu. Kalor sendiri memiliki satuan internasional (SI)  yaitu Joule.

Pengertian Perpindahan Kalor

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita pasti sering menjumpai hal-hal yang sederhana, namun kita sendiri tidak tahu apa penyebabnya atau bagaimana proses terjadinya. Nah salah satu hal sederhana itu ialah perpindahan panas atau kalor.

Sejak sekolah dasar kita sudah mengenal benda-benda apa saja yang mampu menghantarkan panas atau konduktor dan benda-benda yang tidak mampu menghantarkan panas atau isolator.

Ilustrasi Singkat :

Nah pasti teman juga pernah mencicipi hal semacam ini, teman memegang sebuah sendok yang mana sendok tersebut sedang teman gunakan untuk mengaduk teh yang masih panas, nah lama-lama, teman akan mencicipi panas pada ujung sendok yang teman pegang. Itulah yang dinamakan perpindahan kalor.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dari aku berikut ini :

Perpindahan Kalor Secara Konduksi Konveksi dan Radiasi

#1. Pengertian Konduksi dan Contohnya
Konduksi ialah perpindahan kalor atau panas melalui perantara, di mana zat perantaranya tidak ikut mengalami perpindahan. Dalam arti lain, konduksi/hantaran yaitu perpindahan kalor pada suatu zat tanpa disertai dengan perpindahan partikel-partikelnya.
Contoh Konduksi :
  • Ujung logam akan terasa hangat atau panas kalau ujung yang lainnya dipanaskan, misalnya saat memegang kembang api yang sedang dibakar.
  • Knalpot motor akan panas setelah mesin dihidupkan.
  • Mentega menjadi meleleh saat diletakkan diatas wajan panas.
  • Tutup panci terasa panas saat kita sedang memasak air.

#2. Pengertian Konveksi dan Contohnya
Konveksi adalah perpindahan panas melalui aliran, di mana zat perantaranya ikut berpindah. Jika partikel berpindah dan menimbulkan kalor merambat, maka terjadilah konveksi. Konveksi terjadi pada zat cair dan gas ( udara/angin ).
Contoh Konveksi :
  • Gerakan naik dan turun air saat dipanaskan.
  • Gerakan naik dan turun kacang hijau, kedelai dan lainnya saat dipanaskan.
  • Terjadinya angin darat dan angin laut.
  • Gerakan balon udara.
  • Asap cerobong pabrik yang membumbung tinggi.

#3. Pengertian Radiasi dan Contohnya
Radiasi ialah perpindahan panas tanpa zat perantara. Biasanya disertai cahaya.
Contoh Radiasi :
  • Tubuh terasa hangat saat berada disekitar sumber api, contohnya api unggun.
  • Panas bumi hingga dibumi walau melalui ruang hampa.
  • Pakaian yang menjadi kering saat dijemur dibawah terik matahari.
  • Menetaskan telur unggas dengan lampu.
Nah aku rasa itu saja dari aku mengenai perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi, agar beberapa teladan perpindahan kalor diatas mampu membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat.