Perkataan / Ucapan yang Tidak Baik dan Tidak Bermanfaat

Manusia memiliki lisan yang dapat digunakan untuk mengucapkan perkataan-perkataan.  Di antara kata-kata insan tersebut terdapat kata-kata yang baik dan juga kata-kata yang buruk.  Agar tetap dapat menjaga kekerabatan baik dengan sesama, hendaknya setiap insan selalu menjaga lisannya dengan selalu mengucapkan perkataan yang baik.

Walaupun kebanyakan insan tahu bahwa secara umum insan menyukai perkataan yang baik lagi bermanfaat, tetap saja ada banyak orang yang gemar mengucapkan kata-kata yang tidak baik dan juga tidak bermanfaat.  Tentu saja, kebiasaan buruk berupa lisan yang kotor dapat menimbulkan tidak sehatnya atau rusaknya kekerabatan baik dengan insan yang lain.  Ada banyak teladan kata-kata atau ucapan yang sebaiknya ditinggalkan.

Macam / Jenis Ucapan, Perkataan, Pembicaraan, Obrolan, Omongan yang Tidak Baik dan Tidak Bermanfaat :

1. Berkata Kotor

2. Menceritakan Kejelekan Orang Lain

3. Melakukan Provokasi

4. Menceritakan Aib Diri Sendiri

5. Membuat Fitnah

6. Kebohongan / Kedustaan

7. Melebih-Lebihkan Sesuatu / Membual

8. Janji yang Sulit Ditepati

9. Berbicara di Saat yang Tidak Tepat

10. Membicarakan Sesuatu yang Tidak Bermanfaat

Apabila tidak dapat mengucapkan yang baik-baik atau yang bermanfaat bagi sesama sebaiknya membisu dan berbicara seperlunya.  Diam akan menjadi pilihan yang terbaik saat bicara hanya menambah dosa saja.  Diam bukan berarti tidak melaksanakan apa-apa.  Diam mampu dimanfaatkan untuk menganalisa dan kemudian mengambil keputusan terbaik akan sesuatu hal.  Apabila sebagian besar orang melaksanakan hal ini, maka kehidupan di dunia akan menjadi lebih baik.  Terima kasih.