Perilaku/Perbuatan yang Dapat Membunuh Orang Lain di Sekitar Kita

Kematian ialah hal yang biasa kita temui dalam hidup kita.  Kita pun juga akan menemui kematian kita baik dalam waktu yang cepat maupun waktu yang lama.  Yang pasti ialah kita tidak mampu mengetahui kapan seseorang akan meninggal dunia.  Walaupun dokter sudah memvonis seseorang akan menemui ajalnya dalam jangka waktu tertentu, tetap saja vonis tersebut belum tentu benar sebab mati ialah urusan Tuhan.  Itulah sekelumit perihal kematian yang telah menjadi sesuatu yang wajar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Membunuh ialah suatu perbuatan yang sangat tercela, kecuali membunuh yang tanpa disengaja mungkin masih dapat ditolerir sesuai dengan situasi dan kondisinya.  Membunuh mampu dilakukan dengan perencanaan maupun tanpa perencanaan, atau bahkan tanpa disengaja.  Namun tetap saja, pelaku pembunuh biasanya dapat dikenakan hukuman pidana oleh pihak yang berwajib jikalau terbukti bersalah telah melaksanakan pembunuhan maupun kelalaian yang menimbulkan kematian pada diri seseorang.
Tahukah anda bahwa kita mampu membuat seseorang terbunuh secara tidak pribadi tanpa kita rencanakan terlebih dahulu?  Walaupun tanpa ada niat, kita mampu saja secara tidak sengaja membuat orang lain celaka dan hasilnya meninggal dunia.  Kira-kira perbuatan apa sajakah yang dapat membuat orang lain menemui ajalnya.  Mari kita lihat beberapa pola berikut di bawah ini.
Contoh Perbuatan / Perilaku yang Bisa Membuat Orang Lain Meninggal Dunia :
1. Mengendarai kendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi
2. Merokok di akrab orang lain seenaknya
3. Membuang sampah sembarangan yang dapat membuat orang lain terpeleset
4. Membakar hutan untuk membuka lahan
5. Membeli produk perusahaan yang berhubungan dengan pelaku kejahatan
6. Memasang pagar listrik untuk mengamankan sesuatu
7. Membiarkan lubang menganga di jalan umum
8. Membuat / menjual makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan
9. Mengadu domba orang lain semoga timbul konflik di antara mereka
10. Melepaskan hewan buas tanpa pengamanan yang memadai
11. Melakukan provokasi semoga terjadi perkelahian
12. Berolahraga berat dengan orang yang lemah jantung
13. Melakukan pertandingan bela diri atau tinju
14. Berpacaran dengan orang yang mudah depresi
15. Mengajak orang lain untuk melaksanakan tindak kriminal
16. Salah menunjukkan gosip yang berhubungan dengan kesehatan
17. Mengerjai orang lain tanpa memikirkan resiko yang mungkin timbul
18. Main hakim sendiri dikala berhasil menangkap penjahat
19. Malas-malasan dan lalai dalam menjaga atau mengurus anak-anak
20. Tidak mau melaporkan pelaku kejahatan kepada pihak yang berwajib
Dari beberapa pola di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita dituntut untuk selalu bertindak hati-hati dalam melaksanakan acara hidup kita.  Kesalahan sekecil apa pun mampu membuat orang lain menjadi celaka, baik celaka ringan maupun celaka berat.  Kita mampu saja dituntut untuk ganti rugi maupun dituntut untuk dihukum penjara jikalau kita terbukti bersalah telah melaksanakan kelalaian yang menyebabkan orang lain mengalami celaka.  Tidak ada jalan lain selain terus berhati-hati dan berdoa kepada Tuhan SWT semoga senantiasa diberikan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.  Terima kasih.