Perilaku/Perbuatan Buruk Perokok Kepada Orang Lain di Sekitarnya

Seorang perokok biasanya memiliki kecenderungan untuk merokok di mana pun beliau menginginkannya.  Di tempat-tempat umum kita biasanya dengan mudah dapat melihat orang-orang yang sedang merokok dengan kalem tanpa merasa bersalah.  Bahkan di erat belum dewasa pun seorang perokok terkadang tetap merokok seperti hanya dirinya saja yang akan menerima aneka macam efek negatif dari rokok yang dihisapnya.  Ada banyak hal buruk yang secara pribadi mau pun tidak pribadi besar lengan berkuasa kepada orang-orang yang berada erat dengan perokok aktif.

Beberapa Pengaruh Buruk Orang yang Merokok Pada Orang-Orang yang Ada di Sekitarnya :

1. Menebarkan Teror Asap Rokok

Setiap perokok pasti akan menyemburkan asap ke udara.  Sangat sulit sekali bagi orang yang merokok untuk tidak menghasilkan asap dan anyir tak sedap yang mencemari udara bebas.  Asap rokok yang mengandung racun akan tersebar ke aneka macam arah bila tidak ada angin.  Orang yang ada di sekitar perokok pada umumnya akan mencium anyir sangit dari asap rokok yang dihasilkan dari asap rokok yang dihisap perokok maupun dari rokok yang terbakar.  Racun rokok secara otomatis akan dengan sigap mengkontaminasi orang-orang yang tidak beruntuk yang ketika itu berada erat dengan orang yang sedang merokok.

2. Sampah Puntung Rokok, Bara Rokok dan Abu Rokok

Limbah padat yang dihasilkan oleh perokok yaitu sampah puntung rokok, bara api rokok dan juga bubuk rokok.  Terkadang seorang perokok dengan enteng membuang puntung rokok yang sudah dihisapnya di sembarang tempat.  Ada yang mematikan dulu rokok yang dibuang dan ada pula yang pribadi membuang begitu saja rokok yang masih aktif menyala.  Rokok yang dibuang dan menyala akan masih menyisakan api bara yang panas yang dapat melukai orang yang secara tidak sengaja menginjaknya atau mengenainya tanpa proteksi yang memadai.  Abu rokok pun juga dapat tersebar ke mana-mana yang biasanya enggan dibersihkan tuntas oleh pelakunya.

3. Polusi Suara Batuk, Reak dan Ludah

Salah satu bab badan dalam perokok yang biasanya rusak alasannya yaitu asap rokok yaitu paru-paru.  Jika paru-paru mengalami gangguan kesehatan mampu menimbulkan seorang perokok menjadi batuk-batuk.  Batuk akan menghasilkan bunyi yang dapat mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain.  Pada ketika batuk tersebut kadangkala menghasilkan reak atau lendir yang keluar dari tenggorokan.  Reak yang dihasilkan oleh orang yang merokok tersebut acap kali dibuang sembarangan di daerah umum sehingga akan merusak pemandangan dan juga dapat membuatkan penyakit yang ada di dalam reak tersebut kepada orang lain yang tidak berdosa.

4. Bau Mulut Tak Sedap

Bau verbal perokok biasanya sangat tidak enak.  Orang yang berada erat dengan orang yang merokok pada umumnya akan terganggu dengan aroma tidak sedap yang keluar dari verbal perokok.  Terlebih lagi bila harus berbicara dengan perokok aktif, biasanya orang yang menjadi lawan bicara harus dapat menahan nafas ketika mulai mencium aroma sangit rokok yang sangat tidak sedap di hidung.

5. Menyedot Anggaran Kesehatan Pemerintah

Orang yang merokok biasanya rentan terkena penyakit yang berbahaya menyerupai penyakit jantung koroner, stroke, impotensi, gangguan kehamilan maupun janin, dan lain-lain.  Jika sudah sakit maka sebagian perokok akan berobat di tempat-tempat yang pasiennya diberi subsidi kesehatan oleh pemerintah.  Sungguh merupakan pemborosan yang bahu-membahu mampu dihindari bila pemerintah tegas melarang warganya merokok dengan alasan apa pun.  Dana subsidi tersebut alangkah baiknya bila dialihkan ke hal-hal penting lainnya yang butuh segera diatasi.

Itulah beberapa hal negatif yang secara pribadi maupun tidak pribadi dilakukan oleh seorang perokok.  Seorang perokok aktif sudah pasti tidak akan peduli dengan efek dampak buruk yang ditimbulkannya alasannya yaitu seorang perokok harus selalu merokok secara rutin supaya tidak sakaw rokok.  Perokok akan tersiksa bila ingin merokok namun rokok tidak tersedia pada dirinya.  Seorang perokok akan rela tidak makan demi menerima asap rokok yang mengandung zat candu nikotin.