Perbuatan/Perilaku Murid/Siswa/Pelajar yang Mempermalukan Nama Baik Sekolah

Setiap siswa atau siswi suatu sekolah tentu diperlukan oleh sekolahnya untuk dapat mengharumkan nama baik sekolahnya.  Dengan begitu maka nama sekolah akan dikenal baik oleh masyarakat secara luas baik di lingkungan sekitar sekolah maupun di ruang lingkup yang lebih luas.  Jika nama sekolah sudah baik maka sekolah dapat lebih mudah menjalankan acara mencar ilmu dan mengajarnya serta meningkatkan kualitas pendidikan serta sarana dan prasarana yang ada.

Akan tetapi sesuatu yang diperlukan belum tentu mampu berjalan sesuai rencana.  Nama baik sekolah mampu rusak dan tercemar jawaban adanya perilaku atau kelakuan siswa pelajarnya yang tidak sesuai dengan aturan, nilai dan norma yang berlaku secara umum di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitar sekolah.  Nama baik sekolah yang sudah susah payah dibangun dan dipertahankan habis-habisan mampu hancur seketika tatkala terjadi hal-hal yang membuat aib sekolah, baik oleh siswa maupun oleh guru dan staf karyawan sekolah.

Contoh Beberapa Perilaku / Perbuatan Siswa yang Bisa Mencoreng / Merusak Nama Baik Sekolah :

1. Para siswa sekolah melaksanakan agresi tawuran pelajar dengan sekolah lain

2. Adanya siswi sekolah hamil di luar nikah

3. Murid sekolah yang suka melaksanakan tindak kriminalitas di lingkungan sekolah

4. Banyaknya corat-coret tembok yang mengatasnamakan sekolah

5. Para pelajar yang kedapatan sedang minum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, dll

6. Adanya siswa sekolah yang menjadi bandar atau penjual narkoba

7. Tulisan negatif para murid sekolah di dunia maya yang bersifat negatif

8. Melakukan agresi unjuk rasa yang menarik perhatian orang di luar lingkungan sekolah

9. Sekumpulan murid sekolah yang nongkrong dengan seragam sekolah

10. Menyebarluaskan rekaman agresi kenakalan dan tindak kriminal

Baca Juga:  Olahraga Sambil Main dengan Teman-Teman Agar Sehat dan Bahagia

Itulah beberapa hal yang harus dijadikan catatan penting bagi pihak sekolah semoga mampu dicarikan solusi atau jalan keluar sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah masing-masing.  Setiap sekolah mampu menerapkan upaya pencegahan dan tindakan represif yang sempurna sehingga situasi mencar ilmu dan mengajar di sekolah mampu selalu berjalan dengan baik tanpa terganggu oleh banyak sekali perbuatan atau perilaku buruk siswa yang dapat menghancurkan nama baik sekolah.

Terhadap siswa / siswi yang kedapatan melaksanakan tindakan yang memalukan nama baik sekolah hendaknya tidak diterapkan hukuman fisik terhadap siswa atau siswi tersebut.  Usahakan tindakan yang diambil telah sesuai dengan peraturan serta nilai-nilai yang berlaku sehingga tidak menimbulkan bertambah parahnya situasi dan kondisi yang ada.  Lakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang, orangtua murid / wali murid, guru bimbingan konseling, dan lain sebagainya untuk mencari jalan keluar terbaik atas setiap permasalahan yang ada.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.