Perbedaan/Perbandingan Antara Membeli Tunai dan Kredit Pada Jual Beli

Dalam acara transaksi jual beli sehari-hari di sekitar kita terdapat beberapa sistem pembayaran yang dapat dilakukan tergantung dari janji antara penjual dan pembeli.  Transaksi tunai dan transaksi kredit ialah dua sistem pembayaran yang populer dalam kehidupan kita.  Transaksi tunai atau kontan ialah transaksi yang dilakukan dengan pembayaran eksklusif lunas tanpa cicilan, sedangkan transaksi kredit ialah transaksi yang dilakukan secara hutang dengan pembayaran secara cicilan sesuai dengan janji antara pembeli dan penjual.  Biasanya harga barang tunai lebih murah daripada harga barang kredit.

Beberapa Perbedaan atau Perbandingan Antara Transaksi Pembayaran Tunai dan Kredit :

1. Perbandingan Dari Sisi Tabungan

Membeli secara cash / tunai berarti menabung uang terlebih dahulu kemudian uang yang terkumpul dibelikan suatu produk, maka membeli secara kredit / cicilan berarti membeli produk terlebih dahulu, lalu kemudian gres menabung uang untuk membayar cicilan yang akan ditagihkan secara rutin.

2. Perbandingan Dari Sisi Agama


Secara agama islam membeli barang secara kredit diperbolehkan oleh banyak ulama selama tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang wajib dipatuhi.  Namun masalahnya ialah adanya sistem bunga keterlambatan pembayaran cicilan kredit yang sifatnya haram.  Oleh alasannya itu jalan keluar yang terbaik ialah menghindari segala bentuk transaksi kredit dalam kehidupan kita sehari-hari.  Sedangkan transaksi jual beli tunai atau kontan tidak ada problem dalam agama islam selama tidak melanggar ketentuan yang berlaku.  Di masa kini diperlukan para pelaku ekonomi menggunakan uang asli yang terbuat dari emas dan perak (dinar dan dirham) semoga sesuai dengan fatwa agama islam dan terhindar dari dosa.

3. Perbandingan Dari Sisi Kenyamanan Hidup


Membeli secara tunai, cash atau kontan sudah pasti akan membuat hidup kita menjadi nyaman alasannya kita tidak ada beban tanggungan cicilan di masa mendatang yang akan mengurangi daya beli kita.  Sedangkan membeli produk dalam bentuk kredit sudah pasti akan membuat hidup kita kurang nyaman alasannya kita akan dipaksa menyiapkan uang dalam jumlah tertentu untuk disetor kepada pemberi kredit kita dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Perbandingan Dari Sisi Kepemilikan Barang


Pemilik barang dari barang kreditan ialah pihak yang memperlihatkan kredit, sehingga jikalau kita gagal melaksanakan pembayaran cicilan sesuai dengan yang disepakati maka barang kredit tersebut dapat disita oleh pemberi kredit.  Dokumen resmi kepemilikan barang menyerupai akta pada rumah dan bpkb pada kendaraan bermotor akan disita oleh pihak yang memperlihatkan kredit.  Sedangkan jikalau kita membeli suatu barang secara kontan atau tunai maka diri kitalah yang menjadi pemiliknya secara penuh tanpa adanya gangguan dari pihak mana pun.

5. Perbandingan Dari Sisi Proses Transaksi


Transaksi tunai dapat dilakukan secara eksklusif dengan membayarkan sejumlah uang kepada penjual barang.  Sedangkan transaksi kredit mengharuskan penjual dan pembeli melaksanakan janji transaksi terlebih dahulu sebelum adanya penyerahan barang.  Transaksi kredit yang baik juga biasanya dilakukan secara tertulis dengan mengisi formulir tertentu yang kemudian ditandatangani oleh pihak penjual dan pembeli bersama-sama.

Semoga goresan pena ini dapat memperlihatkan manfaat yang faktual kepada kita semua, kurang lebih mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan, terima kasih.