Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel

Hai teman semua, kali ini saya mau membuatkan sedikit ilmu yang saya miliki mengenai Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel yang masuk dalam materi biologi kelas 11 semester ganjil.

Membahas mengenai sel, saya akan menganalogikannya menjadi sesuatu yang mudah anda pahami. Anda pernah melihat sebuah sapu lidi? nah sekarang coba kalian lihat dan perhatikan, apa saja yang menyusun sapu lidi. Ya benar, ialah lidi yang jumlahnya banyak yang tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah sapu.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel

Dengan analogi menyerupai diatas, mampu kita perluas lagi yaitu dengan mengganti sapu lidi dengan badan kita sendiri. Ya sekarang kita tahu bahwa badan kita tersusun atas unit-unit kecil yang disebut dengan SEL.

Makara sel mampu kita artikan sebagai unit terkecil yang menyusun makhluk hidup dan sebagai daerah berlangsungnya acara kehidupan.

Sekarang kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan sel, kita lanjut ke bab berikutnya…..

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, didalam sel berlangsung banyak sekali acara kehidupan, yaitu sintesis, pengangkutan, pertumbuhan dan perkembangan.

Tahukah Anda!!!
Istilah sel pertama kali digunakan oleh Robert Hooke untuk memberi nama ruang-ruang kecil yang ada pada gabus dan tumbuhan yang dilihatnya menggunakan mikroskop.

Didalam sel terdapat kehidupan yang terjadi alasannya adanya reaksi kimia didalamnya. Senyawa kimia tersebut diberi nama Protoplasma.

Didalamnya juga terdapat komponen organik dan anorganik. Komponen organik meliputi karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukelat, sedangkan Komponen anorganik meliputi garam mineral dan ion-ion.

Kita sudah simpulan membahas mengenai pengertian Sel dan apa saja yang ada didalamnya, selanjutnya kita akan membahas struktur dan fungsi organel-organel yang ada didalamnya.

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan beserta fungsi organelnya

Sel hewan dan tumbuhan tidaklah sama, ada beberapa perbedaan.Sebelumnya kalian lihat terlebih dahulu struktur sel hewan dan tumbuhan berikut:
Perbedaan Sel hewan dan Tumbuhan

Perbedaan dari Sel hewan dan sel tumbuhan mampu kalian lihat pada tabel dibawah ini.

NOPERBEDAANHEWANTUMBUHAN
1Dinding selTidak adaAda
2PlastidaTidak adaAda
3LisosomAdaTidak ada
4SentrosomAdaTidak ada
5BentukTidak tetapTetap
6Timbunan zatLemak dan glikogenPasti
7VakuolaKecil dan sedikitBesar dan banyak

Setelah melihat Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi organel-organel yang ada didalamnya. Didalam sel terdapat tiga bab utama yang sangat penting, antara lain membran sel, sitoplasma, dan organel sel.

Nah yang akan dibahas hanya yang organel sel saja, berikut Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel :

  • Nukleus (Inti sel)
Nukleus merupakan komponen utama yang fungsinya mengatur segala acara yang terjadi didalam sel. Hal tersebut alasannya adanya kromosom yang berisi DNA didalamnya.
  • Badan Golgi
Bentuknya menyerupai kantong, dan memiliki fungsi menyerupai membentuk membran dan dinding sel tumbuhan, membantu proses sekresi, dan daerah pembentukan zat-zat sekresi.

  • Mitokondria
Fungsinya ialah sebagai daerah respirasi atau bernafasnya sel. Respirasi yang terjadi didalamnya merupakan respirasi aerob.

  • Retikulum Endoplasma
Lebih sering disebut dengan nama RE. RE dibagi menjadi 2 yaitu RE bernafsu (ditempeli ribosom) dan RE halus.

  • Vakuola
Hanya terdapat pada sel tumbuhan saja (di sel hewan ada, tapi kecil bahkan tidak terlihat). Fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan, penimbunan sisa metabolisme dan menyimpan alkaloid dan pigmen antosianin.

  • Ribosom
Ribosom melekat pada RE kasar. Fungsinya untuk menyintesa protein.

  • Plastida
Hanya terdapat pada sel tumbuhan. Plastida ini terdiri dari pigmen-pigmen warna. Sudah pasti salah satu fungsinya ialah berafiliasi dengan fotosintesis.

  • Sitoskeleton
Fungsinya sebagai kerangka sel yang membantu sel untuk bergerak serta menunjukkan kekuatan pada sel.

  • Sentriol
Hanya terdapat pada hewan, fungsinya untuk melekatkan kromosom

Nah itu beliau organel-organel yang terdapat didalam sel beserta fungsinya. Organel tersebut bekerja saling bantu membantu satu sama lain sehingga membentuk sebuah kehidupan.
Sekian postingan kali ini tentang Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel, agar bermanfaat bagi kalian. Sebelumnya bagi kalian yang ingin menanyakan atau kesulitan dalam beberapa soal, jangan sungkan untuk bertanya, insyallah bila mampu akan kami bantu.
Terima kasih.

Bagi yang kurang paham mampu lihat video dibawah ini:

Sudah paham bahan ini, silahkan lanjut ke materi selanjutnya mengenai jaringan