Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Hai sobat semua, kali ini aku mau membuatkan artikel menarik yang judulnya perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Kita sudah tahu bila salah satu ciri makhluk hidup ialah tumbuh dan berkembang. Setiap makhluk hidup akan tumbuh menjadi besar dan akan mengalami perkembangan menyerupai akan menjadi lebih remaja ketika sudah mencapai usia tertentu.

Pertumbuhan dan perkembangan dalam pelajaran biologi memiliki arti yaitu Pertumbuhan diartikan sebagai peningkatan ukuran dan massa dalam periode tertentu, sedangkan Perkembangan memiliki subjek yang lebih luas dan jauh lebih rumit alasannya ialah tidak terlihat dan tidak dapat diukur.

Proses Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

Nah sebelum kita melangkah lebih jauh lagi mengenai pertumbuhan dan perkembangan, mari sejenak kita simak pengertian pertumbuhan dan perkembangan berikut semoga kalian nanti lebih paham dan akan mudah mengikuti materi berikutnya, berikut definisi dari Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa badan dari makhluk hidup yang mana sifatnya kuantitatif atau dapat dihitung menggunakan angka-angka dan dapat dilihat secara fisik.
Pertumbuhan sendiri berlangsung pada periode tertentu, artinya pada usia sekian hingga sekian individu akan mengalami aneka macam penambahan atau tumbuh, sedangkan pada usia selanjutnya, pertumbuhan itu berhenti. Hal ini dikarenakan adanya pertambahan jumlah sel alasannya ialah pembelahan sel.

Perkembangan adalah suatu proses menuju kedewasaan yang mana bersifat kualitatif atau tidak bisa dihitung atau dinyatakan dengan angka dengan tujuan untuk menjadi makhluk hidup yang tepat seutuhnya.
Tidak menyerupai pertumbuhan tadi, perkembangan tidak terbatas pada usia, artinya makhluk hidup bisa mengalami perkembangan terus menerus tanpa melihat faktor usia.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Nah untuk lebih mempermudah kalian dalam memahami perbedaan dari tumbuh dan berkembang, kalian bisa membaca tabel dibawah ini:

PertumbuhanPerkembangan
Bersifat Kualitatif (bisa dihitung atau dinyatakan dengan angka)Bersifat Kuantitatif (Tidak bisa dinyatakan dengan angka)
Bisa dilihat secara fisikTerlihat dari sifat, sikap dan kemampuan
Terbatas pada usia tertentuTidak terbatas terhadap usia
Dipengarhi oleh pembelahan selDipengaruhi oleh pengalaman sebelumnya
Bersifat Irreversible artinya tidak bisa kembaliBersifat Reversible artinya bisa kembali
Nah itu beliau beberapa perbedaan dari tumbuh dan berkembang, selanjutnya kita cari tahu apa saja sih yang mensugesti keduanya? Silahkan simak uraian singkatnya berikut:

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Faktor yang mensugesti tumbuh dan berkembang ada 2 yaitu faktor internal dan faktor external. Faktor internal yaitu faktor yang bersumber dari dalam badan makhluk hidup itu sendiri, sedangkan faktor external dari luar badan makhluk hidup tersebut.

1. Faktor Internal

  • Genetik, Gen ialah faktor pembawa sifat pada makhluk hidup yang diturunkan dari induk kepada ankanya. Gen mensugesti ciri fisik dan sifat dari makhluk hidup alasannya ialah Gen sangat besar lengan berkuasa besar pada proses pertumbuhan dan perkembangan. Kita ambil contoh, misalnya ada Sapi melahirkan, maka anak dari sap tersebut akan tumbuh dan bermetamorfosis sapi remaja menyerupai induknya dan tidak akan pernah tumbuh dan bermetamorfosis kambing alasannya ialah Gen diturunkan dari badan sapi, bukan kambing.
  • Hormon ialah senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh badan untuk mengatur aneka macam aspek pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Jumlah dari hormon tidak terlalu banyak tapi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi makhluk hidup.
  • Nutrisi atau makanan, tanpa makanan insan akan mati dan tidak akan tumbuh dengan baik. Nutrisi dalam insan harus sesuai dengan kebutuhan insan itu sendiri dan bisa badan dengan baik.
2. Faktor External

  • Suhu, makhluk hidup membutuhkan lingkungan dengan suhu antara 36,5 – 37,6 derajat celcius.
  • Cahaya, semua makhluk hidup membutuhkan cahaya untuk tumbuh dan berkembang. Pada tumbuhan, sinar matahari diharapkan dalam proses fotosintesis yaitu proses pembuatan makanan pada tumbuhan.
  • Kelembaban
  • Air
  • Tanah
Nah itu beliau materi kita kali ini mengenai pengertian dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan serta faktor-faktor yang mensugesti keduanya. Terima Kasih sudah berkunjung dan jangan lupa like dan hsare artikel ini ya.