Perbedaan Kadar Gizi Telur Berwarna Cerah dan Gelap

Telur ialah salah satu makan insan yang mudah kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari.  Tidak hanya telur ayam saja, namun juga ada telur bebek, telur burung puyuh, telur ikan, dan lain sebagainya.  Secara umum telur mengandung nutrisi yang cukup banyak sehingga makan satu butir telur ayam mampu menunjukkan nutrisi yang cukup besar.  Selain itu rasa telur yang enak juga menjadi alasan utama mengapa ada banyak orang yang gemar mengkonsumsi telur dalam kesehariannya.

Dari segi fisik, telur yang ada di sekitar kita memiliki warna, bentuk dan corak yang beragam.  Ada telur yang warnanya terlihat cerah dan ada pula telur yang terlihat lebih gelap warnanya.  Apakah telur yang berwarna cerah dan gelap memiliki perbedaan yang berarti baik dari sisi kandungan gizi, rasa, tekstur, bentuk isi, kualitas, dan lain sebagainya.  Hal ini memang cukup mengundang pertanyaan bagi banyak orang.

Fakta yang ada di lapangan ialah ternyata tidak ada perbedaan antara telur yang berwarna jelas dan yang berwarna lebih gelap.  Semua telur dari jenis yang sama secara umum rasanya sama, kandungan nutrisinya sama, kualitasnya sama, dan lain sebagainya.  Namun telur dari ayam yang diberi pakan khusus mungkin mampu menghasilkan telur yang lebih baik dari ayam yang diberi pakan biasa-biasa saja baik dari segi rasa, kandungan nutrisi dan atau kualitasnya.