Peranan dan Manfaat Fungi bagi Manusia

Peranan dan Manfaat Fungi bagi Kehidupan Manusia – Peranan fungi dalam kehidupan sangat luas. Fungi berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer. Sebagai dekomposer, jamur menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati sehingga bisa dimanfaatkan oleh organisme lain. Hal ini sangat penting dalam keberlanjutan ekosistem di bumi, alasannya ialah yang menjadi kunci keberlangsungan ekosistem ialah adanya keseimbangan antara produksi biomasa oleh organisme fotosintetik dan perombakan-perombakan atau daur ulang nutrien yang dikandungnya. Dalam proses daur ulang senyawa organik ini, fungi memiliki tugas yang menonjol di semua ekosistem utama.
Fungi juga bisa bersimbiosis dengan organisme lain. Dengan akar tumbuhan tertentu jamur bersimbiosis membentuk mikoriza. Mikroriza merupakan struktur yang berperan penting dalam suplai unsur hara. Kalian bisa membaca kembali adegan awal dari adegan ini yang membicarakan cara jamur memperoleh makanan. Berdasarkan posisi Fungi terhadap akar tumbuhan, dikenal adanya endomikoriza (bila hifa menembus korteks akar) dan ektomikoriza (bila hifa hanya menembus epidermis akar). Perhatikan gambar 1.

Peranan dan Manfaat Fungi bagi Kehidupan Manusia Peranan dan Manfaat Fungi bagi Manusia
Gambar 1. Mikoriza, simbiosis jamur yang berperan penting dalam suplai unsur hara

Kelompok Fungi yang sering bersimbiosis dengan akar tumbuhan umumnya termasuk anggota Divisi Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basidiomycotina. Bentuk simbiosis lain dari jamur ialah lumut kerak. Lumut kerak merupakan organisme yang bisa hidup pada kondisi lingkungan yang ekstrim dan sangat sensitif terhadap pencemaran udara. Sehingga lumut kerak ini biasa digunakan sebagai bioindikator kualitas udara. Bersama dengan kelompok tumbuhan lain, menyerupai tumbuhan lumut (Bryophyta) dan anggrek, lumut kerak banyak menghiasi pepohonan mulai dari kawasan dataran rendah hingga pegunungan yang tinggi sebagai epifit. Tetapi jikalau terjadi pencemaran udara, jenis-jenis organisme epifit tersebut, terutama lumut kerak dan tumbuhan lumut akan mati.

1. Jamur Yang Merugikan Manusia Hewan Tanaman

2. Jamur Yang Menguntungkan Bagi Manusia

Selain Mikologi, terdapat pula cabang lain dari biologi, yaitu yang digeluti oleh para ahli yang mengkhususkan fokus perhatiannya pada lumut kerak atau Lichens. Cabang ilmu ini disebut Lichenologi. Di dalam penelitian, lumut kerak umumnya dipelajari sebagai obyek penelitian bersama dengan tumbuhan lumut (Bryophyta) yang merupakan asosiasinya alasannya ialah kedua kelompok tumbuhan ini sering ditemukan pada satu habitat, hidup berdampingan sebagai epifit.

Anda sekarang sudah mengetahui Manfaat Fungi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.


Sumber http://www.nafiun.com/