Penyebab Trombosit Turun dan Cara Penanganannya

Cara Menaikkan Trombosit

Trombosit Turun pada Pasien Demam Berdarah disebut trombositopenia, dan ada memang beberapa penyakit yang membuat trombosit menjadi sangat rendah, dan tentu banyak diketahui yakni Demam Berdarah atau (DBD). Kondisi  ini sangat berbahaya apabila tidak segera mendapat tunjangan yang sempurna dan cepat.

Selain Demam Berdarah, penyebab trombosit turun yang lain yaitu kehamilan, persalinan, perdarahan, penyakit autoimun (kondisi gangguan kesehatan trombosit dihancurkan oleh sistem imun sendiri), Kurangnya produksi (penyakit pada anemia aplastik), adanya kuman dalam darah (bekteremia), Penyakit cacar air, kanker, dan radiasi.

Trombosit atau disebut juga platelet (keping darah), yakni sel kecil yang ada di dalam darah yang berfungsi untuk membantu pembekuan darah, sehingga apabila terjadi pendarahan baik itu pendarahan internal (tak terlihat karena di organ dalam) atau pendarahan eksternal (yang dapat kita lihat, seperti: mimisan, berak darah, atau bintik-bintik merah pada kulit atau ptekie) dapat segera berhanti. Secara normal umur Trombosit hanya sekitar 9 hari dalam ajaran darah dan secara konstan akan digantikan dengan sel-sel darah gres yang dibentuk oleh sum-sum tulang.

Jumlah trombosit yang normal yakni 150.000 hingga 450.000 per mikro-liter darah, sedangkan pada pasien Demam Berdarah, Jumlah trombosit hanya dibawah 100.000. Sehingga kembali normalnya trombosit pada penderita demam berdarah sangat penting, karena apabila terjadi pendarahan dalam mampu membahayakan kehidupannya.

Cara Menaikkan Trombosit Dengan Cepat baik itu yang disebabkan karena Demam Berdarah atau karena gangguan kesehatan lain yakni dengan Konsumsi makan makanan yang sehat, Menjauhi makanan makanan yang tidak sehat menyerupai makan makanan instan, perbanyak minum air hangat, Istirahat dan tidur cukup.

Agar Trombosit cepat naik pasien demam berdarah sebaiknya juga mengkonsumsi Makanan yang mengandung Vitamin B12, asam folat, asam lemak omega-3, Suplemen Vitamin dan Mineral, menghindari konsumsi obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) yang dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit, menyerupai Ibuprofen dan Aspirin. Selain Cara menghindari menurunnya Trombosit tersebut diatas, anda juga harus menghindari aktifitas yang berisiko tinggi menjadikan luka.

Ringkasan:

  • Penyebab Trombosit Turun yang paling sering yakni adanya penyakit demam berdarah,
  • Cara Penanganan Trombosit Turun yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat, dan istirahat tidur yang cukup,
  • Trombosit dikatakan rendah apabila  berjumlah dibawah 100.000 per mikro-liter darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *