Pengobatan dengan Bekam yang Benar

Metode Pengobatan dengan Bekam yang Benar

Bekam ialah teknik pengobatan yang bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam badan insan melalui permukaan kulit. Adapun dalam bahasa arab, bekam diistilahkan dengan hijamah, atau dalam bahasa kita berarti kop. Mengekop berarti mengeluarkan darah dengan cara menyungkupkan mangkuk yang telah dipanaskan di atas bab badan yang akan dikeluarkan arah kotornya. Karena apabila darah kotor dalam badan tidak dikeluarkan, maka dapat menjadikan penyakit.

Pembekam tidak boleh dilakukan sembarangan orang dan memang tidak setiap orang mengetahui teknik yang benar pengobatan ini. Sehingga anda harus berhati-hati sebelum melaksanakan Bekam, biar tidak membahayakan badan anda.

Saat ini bekam telah menggunakan alat khusus, dan untuk menggores kulit, para pembekam akan menggunakan pisau kecil, silet atau jarum. Pembekaman sering meninggalkan flek-flek bekas sayatan bekam pada kulit.

Bagian Tubuh yang Bisa di Bekam

Bekam mampu dilakukan di titik-titik badan yang diinginkan, mulai dari atas kepala, hingga kaki. Titik-titik tersebut menyemut di badan insan dengan manfaat yang berbeda-beda. Sehingga pembekam yang baik akan tahu manfaat berbekam pada masing-masing titik.

Sebagai contoh, berbekam pada kedua pelipis, memiliki kegunaan untuk mengobati penyekit yang ada di kepala, ibarat sakit pada wajah, gigi, hidung, mata pendengaran dan kerongkongan. Sedangkan berbekam pada pundak, mampu memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit-penyakit yang ada pada bahu dan leher. Sedangkan berbekam pada bab tengkuk, mampu mengobati rabun dan penyakit mata. Berbekam pada pinggul mampu menghilangkan rasa pegal-pegal pada titik tersebut.

Bagi wanita, berbekam dapat mempercantik wajah. Namun tentu hal ini harus dilakukan oleh mahir bekam yang memang mengetahui titik-titik yang dapat mempercantik wanita. Apabila salah memilih titik-titik bekam, mampu saja jadinya ialah sebaliknya yaitu berbahaya untuk kesehatan.

Ringkasan:

  • Bekam bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor melalui permukaan kulit manusia,
  • Bekam harus dilakukan oleh tenaga mahir yang mengetahui titik yang sempurna untuk dilakukan bekam,
  • Bagian badan yang mampu dibekam ialah kedua pelipis, pundak, tengkuk, atas kepala dan pinggul.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *