Penggunaan Future Continuous Tense

Future Continuous Tense – Apa kabar teman-teman berguru bahasa Inggris online? Saya yakin semua dalam keadaan baik-baik saja. Bagaimana puasanya? Saya yakin lancar-lancar saja. Semoga puasa kita tahun ini diterima oleh Allah. SWT. Sekarang kita akan berguru mengenai Future Continuous Tense. Tenses ini digunakan untuk menyatakan peristiwa yang sedang terjadi. Kenapa demikian? Karena dari namanya saja ada kata “continuous tense”. Akan tetapi Future continuous tense itu berbeda dengan present continuous tense. Future continuous tense untuk peristiwa yang akan sedang terjadi. Saya ulangi sekali lagi bahwa future continuous tense yaitu untuk menyatakan peristiwa yang akan sedang terjadi.

Untuk lebih mudah dipahami perhatikan ilustrasi peristiwa di bawah ini:

“Saya mendapatkan SMS dari pacar saya. Dia bilang ia ingin datang kerumah aku untuk makan malam bersama aku besok malam. Dia bilang akan datang jam 7 malam. Waduuuuhhh alasannya aku orangya sibuk terus, terus aku bilang ke pacar aku “ maaf… lebih baik adek jangan datang kerumah, alasannya jam 7 malam besok abang akan sedang bekerja.”
Pada peristiwa di atas, ada kalimat yang aku cetak tebal. Pada kalimat tersebut menyatakan sebuah pekerjaan yang akan sedang terjadi. Sekali lagi…AKAN SEDANG TERJADI”. Makara kegiatan atau peristiwa yang sedang terjadi itu tidak harus sekarang/now, akan tetapi mampu saja besok, ahad depan atau bahkan tahun depan. Jika kasusnya begini maka tenses yang sempurna yaitu Future Continuous Tense.
Bagaimana? Apakah mampu dipahami apa itu future continuous tense dan kapan kita menggunakannya? Semoga mampu dimengerti. Saya beri satu referensi ilustrasi lagi ya…
Anton   :  Hi…apa kabar?
John     :  Alhamdulillah aku baik-baik saja. Ada apa bro?
Anton   : Saya ingin minta tolong. Kamu mampu gak hari ahad depan mengantarkan aku ke bandara?
John     : Minggu depan? Memangnya jam berapa?
Anton   : Jam 10 pagi. Bisa gak?
John     : Hmmmm gimanaya. Saya hari minggu depan jam 10 pagi akan sedang berenang. Biasalah…itu aktivitas mingguan saya. Tiap hari ahad jam 10 aku latihan renang. Makara pada jam 10 ahad depan aku akan sedang berenang. Makara tidak mampu mengantar kau ke bandara.
Anton   : Ya sudah…it is ok.
Semoga mampu dipahami apa itu future continuous tense. Hal penting lainnya yang perlu diketahui bahwa, biasanya jika kita menggunakan future continuous tense ini, baik kita dan lawan bicara kita mengetahui waktu atau jam berapa kegiatan itu dilaksanakan. Contoh:
I will be sleeping at 7am tomorrow.
My mother will be cooking at 10am next Monday.
I will not be sleeping when you call me.
Don’t forget to bring your umbrella. It will be raining when you return.
Pola Kalimat
Positif               : Subejct + will + be + Ving
Negative           : Subject + will not/won’t + Ving
Pertanyaan       : Will + subject + be + Ving + ?
Contoh:
They will be playing soccer at 5pm tomorrow.
My father won’t be watching TV in the living room   when you watch the TV in the living room.
Will Toni be doing his homework at 10 tonight?
What will you be doing at 8am tomorrow? I will be having breakfast.
My mother and I will be playing chess when the film starts.
Semoga penjelasan Future Continuous Tense  ini mampu bermamfaat untuk kita semua. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *