Pengetahuan Tentang Alat Kontrasepsi Implan atau Susuk

KB Susuk

Mengenal banyak sekali jenis dan tipe alat kontrasepsi mampu membuat Anda dan pasangan lebih memahami pentingnya gosip wacana kontrasepsi. Hal ini tidak hanya sekedar alat untuk menunda kehamilan bagi pasangan yang belum ingin mempunyai keturunan. Dalam memahami alat untuk kontrasepsi, konsultasikan kepada dokter spesialisnya semoga semua keputusan yang diambil yakni benar.

Untuk menunjang kebutuhan gosip wacana alat untuk kontrasepsi ini, kami akan memaparkan suatu jenis kontrasepsi pilihan bagi pasangan dalam menunda kehamilan yaitu alat kontrasepsi implant. Well, bunda, sudah tahukan Anda wacana alat ini? Kontrasepsi KB implan atau KB Susuk merupakan suatu tabung kecil yang biasanya dipasang di bawah kulit bunda. Tabung tersebut terdapat kandungan hormon progesterone yang akan bekerja untuk mencegah kehamilan. Caranya yaitu dengan mengeluarkan hormonnya ke darah.

Progesterone hasilnya akan menghentikan proses ovulasi dengan membuat cairan kental dalam verbal rahim. Hal ini mampu membuat KB implan untuk memberhentikan sperma yang akan masuk ke rahim. Well, bunda, KB implant ini mempunyai beberapa kelebihan lho selain apa yang telah kami paparkan di atas. Dengan menggunakan kontrasepsi ini, bunda tidak perlu  meminum obat setiap harinya dan tidak perlu khawatir lupa alasannya alat kontrasepsi ini dipasang oleh dokter per 3 tahun sekali.

Selain itu, dengan menggunakan sistem KB implan ini, bunda akan lebih merasa aman pada dikala bunda menyusui bayi serta pada dikala menstruasi. Bunda tidak akan merasa nyeri lho jikalau menggunakan alat ini terutama pada dikala menstruasi.

Akan tetapi, alat ini juga memiliki efek samping yaitu alat ini akan memungkinkan untuk merubah siklus menstruasi. Dengan perubahan contoh siklus menstruasi, Anda akan merasa kurang nyaman. Serta, berdasarkan informasi, bunda terkadang akan mengalami sedikit pendarahan terutam pada tahun pertama menggunakan KB ini. Menstruasi juga akan menjadi lebih deras dan lama dibandingkan dengan kondisi normal sebelumnya.

Dengan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan alat kontrasepsi yang aman ini, bunda perlu mempertimbangkan kondisi. Beberapa media gosip melansir bahwa semoga menerima hasil yang lebih baik, maka Anda perlu pergi ke dokter seorang andal untuk berkonsultasi. Hal ini semoga keputusan Anda dan pasangan dalam mengambil jenis alat kontrasepsinya akan sempurna dan aman bagi kesehatan bunda.

Ringkasan:

  • Alat kontrasepsi KB implant merupakan tabung kecil yang ditempatkan di bawah permukaan kulit
  • KB implant akan mencegah pembuahan oleh sperma sebelum mencapai rahim dengan tepat 
  • Pemasangan alat KB implant biasanya dilakukan dokter dalam kurun waktu 3 tahun
  • Efek samping penggunaan KB implant mampu menimbulkan pendarahan di tahun pertama
  • Efek samping lainnya yakni membuat menstruasi lebih deras dan lama dibandingkan dengan sebelum KB implant
  • Konsultasikan penggunaan alat kontrasepsi ke dokter seorang andal terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *