Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Hukum Pidana Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Hukum Pidana Beserta Contohnya Lengkap – Hukum pidana adalah merupakan salah satu dari hukum publik. Hukum pidana biasa nya dipakai untuk menghukum yang melanggar atau memperbuat kejahatan ibarat mencuri, merampok, pemerkosaan, korupsi, pembunuhan, penipuan, dan penganiayaan. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.


Pengertian Hukum Pidana 

Hukum pidana adalah hukum yang mengatur suatu pelanggaran terhadap undang-undang  yang telah ditetapkan,suatu pelanggaran dan suatu kejahatan terhadap suatu kepentingan umum dan suatu kepentingan individu, dan barang siapa yang memperbuat yang dilarang dalam suatu hukum pidana akan  diancam dengan sanksi pidana yang telah ditentukan apa yang diperbuat oleh sih pelanggar tersebut. Hukum pidana juga  merupakan hukum yang menjaga suatu stabilitas dan suatu lembaga sopan santun yang memiliki tugas merehabilitasi para pelaku pidana.

Tujuan Hukum Pidana 

  • Untuk melindungi suatu kepentingan orang atau perseorangan (hak asasi manusia) untuk melindungi kepentingan suatu masyarakat dan negara dengan suatu perimbangan yang serasi dari suatu tindakan yang tercela/kejahatan di satu pihak dari tindak-tindakan perbuatan yang melanggar yang merugiakan dilain pihak.
  • Untuk membuat orang yang ingin melaksanakan kejahatan atau perbuatan yang tidak baik akan menjadi takut untuk melaksanakan perbuatan tersebut.
  • Untuk mendidik seseorang  yang melaksanakan perbuatan yang melanggar semoga tidak melaksanakan lagi, dan semoga diterima kembali dilingkungan masyarakat.
    Mencegah akan terjadinya gejala-gejala sosial yang tidak sehat atau yang melaksanakan perbuatan yang dilanggar, dan  hukuman untuk orang yang sudah terlanjur berbuat tidak baik.

Fungsi Hukum Pidana

1. Secara umum
Fungsi hukum pidana secara umum yaitu fungsi hukum pidana sama saja dengan fungsi hukum-hukum lain pada umumnya alasannya untuk mengatur hidup dalam kemasyarakatan atau menyelenggarakan suatu tata dalam masyarakat.

2. Secara khusus
Fungsi hukum secara khusus nya yaitu untuk melindungi suatu kepentingan hukum terhadap perbuatan-perbuatan yang melanggar dengan suatu sanksi atau hukuman yang berupa pidana yang telah ditetapkan Undang-Undang yang telah ditetapkan dan yang sifatnya lebih tajam dari pada hukum-hukum lain nya atau untuk menunjukkan aturan-aturan untuk melindungi yang pihak yang telah dirugikan.. 


Contoh  Hukum Pidana

  • Yang melaksanakan perbuatan pembunuhan
  • Yang melaksanakan perbuatan pemerkosaan
  • Yang melaksanakan perbuatan Mencuri/merampok
  • Yang melaksanakan perbuatan korupsi
  • Yang melaksanakan perbuatan penganiyayaan
  • Yang melaksanakan perbuatanpenipuan