Pengertian, Tujuan, dan Fungsi-Fungsi Akutansi Biaya Secara Lengkap

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi-Fungsi Akuntansi Biaya– Sebelum mengulas perihal akuntansi biaya, ada baiknya kita simak dulu kata dari biaya. Biaya artinya ialah pengorbanan sumber ekonomis, yang diukur dalam satuan uang, yang sudah terjadi atau kemungkinan yang akan terjadi untuk mencapai target tertentu. Dalam arti sempit biaya ialah bab dari harga pokok yang dikorbankan didalam usaha untuk mencapai suatu tujuan yaitu memperoleh penghasilan.
Pengertian Akuntansi Biaya
Akuntansi Biaya yakni proses, pencatatan, pelacakan, penggolongan, peringkasan, analisis, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan jasa atau produk, dengan melaksanakan cara-cara tertentu serta penafsiran.

Tujuan Akuntansi Biaya 

1.Penentuan HPP : mencatat, menggolongkan dan meringkas suatu biaya pembuatan produk
2.Menyediakan gosip biaya untuk kepentingan administrasi : biaya sebagai ukuran efisiensi
3.Alat Perencanaan : perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya, Perencanaan biaya tidak akan mempersulit dalam pengendalian biaya.
4.Pengendalian biaya : membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk dengan biaya yang bahu-membahu terjadi
5.Memperkenalkan aneka macam metode : aneka macam macam-macam cara dalam Akbi dapat diadaptasi dengan kepentingan yang diharapkan dengan hasil yang paling efisien dan efektif.
6.Pengambilan keputusan khusus : salah satu sebagai alat administrasi dalam mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyediakan gosip biaya dalam metode laporan biaya.

Fungsi-Fungsi Akuntansi Biaya

  1. Melakukan perhitungan dan pelaporan biaya (harga) pokok suatu produk
  2. Memperincikan biaya (harga) pokok produk pada segenap unsur nya.
  3. Memberikan gosip dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban.
  4. Memberikan gosip biaya bagi administrasi guna dipakai didalam pengendalian manajemen.
  5. Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran 

Itulah penjelasan perihal Pengertian, Tujuan, dan Fungsi-Fungsi Akuntansi Biaya, supaya bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih.