Pengertian Sosialisasi dan Menurut Para ahli

Pengertian Sosialisasi 

Sosialisasi merupakan proses mencar ilmu yang dilakukan oleh seseorang untuk berbuat atau bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dan diakui dalam masyarakat. Melalui Proses sosialisasi kemudian mengadopsi kebiasaan, sikap dan ilham orang lain serta dapat hidup tertib dan taat peraturan.
Secara sempit proses sosialisasi dapat diartikan sebagai proses pembelajaran seseorang dalam mengenal lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik maupung lingkungan sosialnya. Pengenalan ini dilakukan individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang akan membekali diri nya dalam pergaulan yang lebih luas. Sedangkan dalam arti luas, proses sosialisasi diartikan sebagai proses interaksi dan pembelajaran seseorang mulai dari lahir hingga meninggalnya dalam suatu kebudayaan masyarakat. 

Pengertian Sosialisasi Menurut Para hebat :

1. Koentjaraningrat
Sosialisasi ialah seluruh proses dimana seseorang individu semenjak masa kanak-kanak hingga dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan beradaptasi dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitar nya.

2. Irvin L. Chid 
Sosialisasi ialah segenap proses yang menuntut individu menyebarkan potensi tingkah laku aktualnya yangdiyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompok nya. 

3. Edward Shils 
Sosialisasi merupakan proses sosial yang dijalankan seseoarang atau proses sepanajang umur yang perlu dilalui seseorang individu untuk menjadi seseorang anggota kelompok dan masyarakat nya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat tersebut.

4. Horton Dan Hunt 
Sosialisasi ialah suatu proses seseorang menghayati (internalize) norma-norma kelompok daerah ia hidup sehigga timbulah diri yang unik.

5. Soerjono Soekanto
Sosialisasi ialah proses sosial daerah seorang individu menerima pembentukan sikap untuk berprilaku orang-orang disekitarnya. 

6. Peter L. Berger 
Sosialisasi ialah proses dimana seorang anak mencar ilmu menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

itu lah penjelasaan perihal pengertian sosialisasi dan menurut para ahli, sekian terimakasih 🙂