Pengertian Poster, Jenis-Jenisnya, Cara Membuatnya dan Contohnya

Hai teman semua, pada artikel ini saya mau menyebarkan sedikit ilmu yang saya miliki yaitu wacana Pengertian Poster. Tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi semua hal wacana poster akan kita bahas di artikel ini, meliputi jenis-jenis poster, contoh poster serta bagaimana cara membuat Poster.

Materi poster diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dari mulai SD, SMP, sampai SMA. Biasanya dikala di sekolah ada peran untuk membuat Poster, mungkin dari kalian yang sedang membaca artikel ini sedang mencari peran yang ada hubungannya dengan posterkan?

Nah bagi kalian yang sedang mencari bahan wacana Poster, tidak ada salahnya untuk membaca semua isi dari artikel ini.

Oke eksklusif saja kita bahas yang pertama yaitu pengertian dari Poster itu sendiri.

Pengertian Poster

Pengertian poster ialah sebuah karya seni yang memuat komposisi abjad dan gambar yang dibuat diatas kertas yang berukuran besar dan biasanya ditempelkan pada daerah yang datar dan strategis supaya mampu dilihat oleh banyak orang.
Sedangkan menurut KBBI, yang dimaksud poster ialah plakat yang terpasang ditempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan dan pengumuman.
Poster sendiri biasanya ditempelkan pada daerah yang ramai dan strategis misalnya di sekolah, pasar, objek wisata dan daerah lainnya. Umumnya poster berisi usul kepada masyarakat untuk melaksanakan sesuatu.
Dalam pembuatan poster, sama dengan pembuatan slogan yaitu dibuat dengan menarik. Penggunaan warna, pemilihan jenis abjad dan tata letak penulisannya perlu diperhatikan dengan serius sebab itulah unsur-unsur terpenting dari sebuah poster.
Kaprikornus itu tadi pengertian lengkap dari Poster.
Jenis-Jenis Poster
Ada beberapa macam jenis poster, berikut jenis-jenis poster, silahkan disimak.
  • Poster berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi 4 yaitu:
  1. Poster Niaga, poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen suatu produk untuk mengenalkan produknya kepada halayak umum dengan cita-cita akan mampu meningkatkan penjualan. Berikut contohnya :
  2. Contoh Poster Niaga Produk Minuman
  3. Poster Kegiatan, poster ini digunakan untuk menawarkan isu mengenai suatu kegiatan atau event. Didalam poster ini biasanya terpampang nama dari acara, lokasi serta waktu kapan dimulainya acara. Penggunaan poster ini bertujuan biar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan kegiatan tersebut.
  4. Contoh Poster Kegiatan Pensi
  5. Poster Pendidikan, poster jenis ini berisi wacana hal-hal yang bertemakan pendidikan, menyerupai sosialisasi sebuah program, serta usul untuk giat dalam belajar.
  6. Contoh Poster Pendidikan
  7. Poster Layanan Masyarakat, poster ini berisi mengenai sosialisasi wacana kegiatan gres yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakat.
  8. Contoh Poster Layanan Masyarakat
  • Poster berdasarkan tujuannya
  1. Poster Propaganda, berisi wacana pengaruh yang diberikan kepada masyarakat umum.
  2. Poster Kampanye, poster yang sering muncul ketika menjelang pemilu
  3. Poster Pencarian, poster yang isinya pencarian terhadap sesuatu baik itu insan maupun benda
  4. Poster Film
  5. Poster Kartun
  6. Poster Animasi
  7. Poster Riset
  8. Poster Komersil
Nah itu tadi beberapa pembagian poster, selanjutnya kita akan mencar ilmu bagaimana cara membuat poster yang baik dan benar.

Baca Juga:  Sejarah Berdirinya Partai Nasional Indonesia dan PNI Baru, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

[ UPDATE : Contoh Poster Pendidikan Terbaik ]

Cara Membuat Poster yang baik dan benar

Dalam membuat sebuah poster, perlu diperhatikan beberapa hal menyerupai untuk siapa poster itu ditujukkan, dan apa tujuan dari poster itu. Untuk itu silahkan simak langkah-langkah pembuatan poster.
1. Tentukan Tema dan Tujuan
Bagian yang paling penting dalam pembuatan poster yaitu menentukan tema dan tujuan, Tanpa adanya tema dan tujuan yang jelas, maka tidak mungkin akan tercipta sebuah poster yang berkualitas. Contoh tema mampu kalian lihat pada pembagian poster diatas.
2. Kalimat Singkat, Padat, Menarik serta mensugesti
Setelah tamat membuat tema, selanjutnya yaitu membuat sebuah kalimat. Pembuatan kalimat tidak boleh sembarangan sebab kalimat menjadi kunci keberhasilan dari suatu poster. Susunan kata per kata harus diperhatikan, kalimat tidak boleh terlalu panjang namun harus menarik dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan suatu hal sesuai dengan poster yang kalian buat.
3. Jangan Lupakan Gambar
Penggunaan gambar pada sebuah poster akan lebih membuat orang tertarik untuk membaca sekaligus melaksanakan apa yang ada pada poster tersebut. Gambar yang digunakan harus sesuai dengan Tema dari poster dan berbeda dari yang lain. Penggunaan gambar mampu menambah minat masyarakat untuk membaca poster sobat. Hal itu perlu dilakukan pasalnya orang cenderung bosan jikalau hanya membaca goresan pena saja, mereka menginginkan sesuatu yang unik dan menarik.
4. Media Harus Tepat
Media daerah diletakkannya poster haruslah tepat, jangan asal menempelkan poster pada media-media yang tidak layak. Penempatan ini bertujuan biar orang-orang melihat poster kita dan membacanya.
Nah itu ia beberapa hal mengenai pengertian poster, jenis-jenis poster, dan juga Cara membuatnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima kasih