Pengertian Pamflet, Ciri-Ciri, Jenis beserta Contohnya

Hai sahabat semua, kali ini aku admin dari blog pengertian poster, bagi kalian yang belum membacanya silahkan dibaca dulu supaya lebih paham.

Tidak hanya pengertiannya saja, pada artikel ini juga akan aku sertakan jenis-jenis dan rujukan dari pamflet itu sendiri, jadi silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pasti kalian semua pernah melihat yang namanya pamfletkan? Hampir setiap hari mampu kita jumpai banyak sekali selebaran pamflet yang dibagi-bagikan kepada orang-orang ditempat-tempat umum. Hal tersebut bukan tanpa tujuan, mereka membagikan selebaran pamflet tersebut untuk sarana promosi.

Pamflet sendiri biasanya dibuat pada selebaran yang dilipat menjadi berapa bab tujuannya ialah semoga ukurannya menjadi lebih kecil dan mudah dibawa. Namun, ada juga pamflet yang terdiri dari beberapa halaman, menurut UNESCO, definisi dari pamflet sendiri ialah alat publikasi yang halamannya antara 5 hingga 48 halaman, lebih dari itu disebut sebagai buku.

Penulisan dari pamflet sendiri biasanya terdiri dari goresan pena dan gambar, tapi banyak juga pamflet yang hanya berisi goresan pena saja. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian pamflet, silahkan simak penjelasannya berikut:
(Baca Juga artikel terkait wacana pengertian Slogan)

Pengertian Pamflet

Pamflet adalah sebuah goresan pena yang berisi wacana suatu gosip yang terdiri dari goresan pena termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.
Didalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan pelengkap untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan.
Pamflet umumnya digunakan sebagai media promosi bagi beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi alasannya ialah selain menghemat pengeluaran juga mudah dibuat, hanya memerlukan keterampilan berbahasa yang baik serta menarik.
Tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat. Misalnya Pamflet wacana promosi, maka memiliki tujuan untuk menunjukkan gosip mengenaiproduk, berbeda dengan pamflet wacana agama, biasanya berisi wacana ilmu-ilmu agam.
Ciri-Ciri Pamflet
Pamflet memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
  2. Bersifat persuasif, artinya berisi seruan untuk membeli produk atau mentaati sesuaut
  3. Ditulis dengan terang supaya mudah dibaca
  4. Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal gres atau terupdate.
Nah itu ia ciri-ciri pamflet, selanjutnya kita lihat pembagian pamflet itu sendiri.

Jenis-Jenis Pamflet dan Contohnya

Berikut ini beberapa jenis pamflet:
  1. Pamflet Politik, berisi mengenai hal-hal yang berbau politik ibarat seruan untuk memilih calon-calon pemimpin dan lainnya.
  2. Pamflet Pendidikan, berisi wacana informasi-informasi yang bekerjasama dengan dunia pendidikan ibarat contohnya program seminar, lomba-lomba akademik dan lainnya.
  3. Pamflet Niaga, berisi mengenai gosip mengenai produk-produk, disertai dengan kalimat seruan untuk membeli produk tersebut.
  4. Pamflet kegiatan, berisi wacana banyak sekali program atau acara ibarat misalnya seminar, pentas seni dan lainnya.
Berikut beberapa contoh-contoh pamflet yang aku temui

Contoh Pamflet Kegiatan
Pamflet diatas masuk kategori pamflet acara yaitu semacam pengajian.
Contoh Pamflet Kegiatan Seminar
Pamflet diatas masuk kategori pamflet acara juga yaitu mengenai sebuah seminar akan ancaman merokok.
Contoh Pamflet Niaga
Pamflet diatas masuk kategori pamflet niaga yaitu berupa makanan roti brownies
Nah sekian artikel dari aku mengenai pengertian pamflet, macam-macam pamflet dan juga contoh-contohnya. Semoga artikel ini membantu anda semua dan bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih sudah berkunjung dan jangan lupa like dan share artikel ini ya..