Pengertian Organisasi Menurut Syariah

Pengertian Organisasi Menurut Syariah

Pengertian Organisasi

Organisasi pada inti nya ialah interakasi-interaksi orang dalam sebuah wadah untuk melaksanakan sebuah tujuan yang sama. Dalam Islam, organisasi merupakan suatu kebutuhan. organisasi berarti kerja bersama. Organisasi tidak diartikan semata-semata sebagai wadah.
Pengertian organisasi ada dua yaitu: 1. Organisasi sebagai tempat/wadah, 2. Organisasi sebagai proses yang dilakuakan bersama-sama, dengan landasan yang sama, tujuan  yang sama, dan juga dengan cara yang sama.
Kesimpulan inti organisasi ialah interaksi-interaksi orang dalam sebuah wadah untuk melaksanakan suatu tujuan yang sama.
Organisasi Menurut Islam

Kiat Membuat organisasi yang islami :

1. Keikhlasaan 
keikhlasan ialah hal yang penting. makna keikhlasan dalam hal ini ialah melaksanakan suautu kewajiban dengan maksimal atau yang terbaik dengan niat yang bersih.
2. Kebersamaan
jika dalam organisasi tidak tercipta rasa kebersamaan , maka hal itu akan merepotkan pemimpin organisasi, karna kebersamaan ialah suatu pekerjaan yang dilakukaan dengan bersama-sama.
3. Pengorbanan
Dalam sebuah organisasi dibutuhkan nilai pengorbanan. karna dalam organisasi tanpa ada nya pengorbanan tidak akan menerima hasil yang maksimal.

Etos Kerja Muslim Dalam Organisasi :

  1. Al-Shalah atau baik atau manfaat
  2. Al-Itqan atau kemantapan dan perfectness
  3. Al-Ihsan atau melaksanakan yang terbaik dan lebih baik lagi
  4. Al-Mujahadah atau kerja keras dan optimal
  5. Tanafus dan ta’awun atau berkompetisi dan tolong menolong