Pengertian Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Hai teman semua, kali ini saya mau menyebarkan kepada kalian semua mengenai Macam-Macam Metode Penelitian. Nah sebelum itu kita juga harus mengetahui pengertian metode penelitian itu sendiri, jadi nanti juga akan saya bahas keduanya.

Nah umumnya yang kita tahu itu hanya ada 2 macam metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif, bekerjsama masih ada jenis penelitian lain yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Nah untuk menambah wawasan anda mengenai metode penelitian apa saja yang ada, di artikel kali ini akan saya bagikan kepada anda semua.

Nah yang akan kita bahas pertama yaitu pengertian dari Metode Penelitian itu sendiri. Berikut penjelasannya.

Metode penelitian ialah rangkaian kerja dari suatu acara penelitian yang didasari pada pandangan filosofis, asumsi dasar, ideologis, pertanyaan serta informasi yang sedang berkembang dan dihadapi.

Pengertian Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Rangkaian kerja yang dimaksud ialah prosedur berupa urutan atau langkah-langkah yang ditempuh ketika melaksanakan penelitian mulai dari cara memperolehnya, pengolahannya, dan kesimpulannya. Yang pasti data yang disajikan nanti haruslah objektif sesuai fakta yang didapat ketika melaksanakan penelitian.

Tujuan dari rangkaian kerja tadi ialah untuk memperoleh hasil penelitian yang baik dan sempurna serta mampu dipertanggung jawabkan nantinya. Selain itu akibatnya nanti mampu menyelesaikan duduk perkara yang terkait dengan penelitian yang kita lakukan.

Nah eksklusif saja kita lihat macam-macam metode penelitian sebagai berikut:
Baca Juga artikel mengenai Pengertian Observasi menurut para andal dan secara umum

Macam-Macam Metode Penelitian

1. Penelitian Kuantitatif
Metode penelitian kuantitatif ialah salah satu jenis penelitian yang lebih sepsifik, sistematis, terencana, dan juga terstruktur dari awal sampai kesimpulan. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada penggunaan angka-angka yang membuatnya menjadi lebih spesifik. Selain itu penggunaan tabel, diagram dan grafik juga mendukung.
Didalam penelitian Kuantitatif ada beberapa metode yang mendukung yaitu deskriptif, komparatif (perbandingan), survei, penelitian tindakan, korelasi, dan ekspos.

2. Penelitian Kualitatif
Metode penelitian kualitatif ialah penelitian ihwal riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dari penelitian lebih ditonjolkan. Selain itu landasan teori digunakan untuk lebih fokus pada penelitian yang dilakukan.
Penelitian jenis ini lebih subyektif dari pada penelitian kuantitatif. Metode ini terbilang gres daripada metode sebelumnya. Metode ini juga sering disebut sebagai metode naturalistik karena penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah, dan juga disebut sebagai metode etnographi karena banyak digunakan untuk mengamati kebudayaan atau antropologi.
3. Penelitian Survei
Metode survei ialah metode yang sering digunakan untuk memperoleh informasi dalam bentuk opini atau pendapat dari orang-orang yang berafiliasi eksklusif dengan apa yang ingin diamati. Tujuan utama dari penelitian jenis ini ialah untuk mengetahui gambaran umum dari populasi melalui sampel beberapa orang.
Metode survei memiliki 3 abjad utama yaitu :
  • Informasi yang diperoleh dari kelompok besar yang dikumpulkan
  • Informasi diperoleh melalui pengajuan pertanyaan kepada orang yang telah ditunjuk sebagai sampel (baca juga cara melaksanakan wawancara yang baik dan berkualitas)
  • Informasi yang didapat biasanya dari sampel, bukan populasi.
4. Penelitian Ekspos Facto

Metode ekspos facto meneliti hubungan karena akhir yang ada dari suatu hal yang sedang diamati. Biasanya dari situ akan didapat bukti gres yang mampu dijadikan sebagai pola dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap program, kejadian atau acara yang sedang atau telah terjadi.
5. Penelitian Deskriptif
Metode penelitian deskriptif ialah metode penelitian yang tujuannya untuk menjelaskan aneka macam fenomena-fenomena yang terjadi atau sedang berlangsung pada masa sekarang atau masa lampau. Penelitian ini mampu bersifat sederhana, tapi juga mampu bermetamorfosis luas seiring dengan fenomena yang sedang diamati.
Biasanya untuk kasus yang berkepanjangan dan sering terulang metode deskriptif yang digunakan akan dikembangkan lagi untuk mencari fakta-fakta baru. Penelitian deskriptif dibagi menjadi 2 yaitu longitudinal atau sepanjang waktu dan cross sectional atau dalam waktu tertentu.
Nah sekian bahan kita kali ini mengenai macam-macam metode penelitian, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya….