Pengertian, Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan

Pengertian,  Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan – Beberapa organ didalam badan makhluk hidup multiseluler bekerja sama untuk menjalankan suatu fungsi tertentu untuk membentuk sistem organ. Didalam badan organ-organ akan bekerja sama dengan satu sama lainnya. Tanpa ada nya suatu kerjasama dengan sistem organ lain nya suatu proses dalam badan tidak akan terjadi.

Pengertian Sistem Organ

Sistem organ merupakan suatu komponen yang tidak terpisahkan dalam sistem. Organ-organ bergabung menjalankan fungsi fisiologis tertentu untuk tujuan yang sama dalam suatu sistem organ. Contohnya jantung berfungsi untuk mengedarkan darah, jantung tidak akan dapat bekerja/berfungsi tanpa adanya organ lain menyerupai pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya pembuluh darah tidak akan dapat bekerja tanpa adanya jantung.

Macam-Macam Sistem Organ dan Fungsinya

1. Sistem Organ Pernafasan
Sistem pernafasan terdiri atas hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Sistem organ pernafasan memiliki Fungsi adalah mendapatkan O2 dan mengeluarkan CO2 untuk memperoleh energi dengan menyerdahanakan senyawa organik.

2. Sistem Organ Peredaran Darah
Sistem peredaran darah terdiri atas 1. jantung, 2. darah, 3. pembuluh darah arteri, 4. vena, 5. pembuluh limfa, dan 6. kelenjar limfa serta 7. cairan limfa. Sistem peredaran darah memiliki suatu fungsi adalah untuk mengangkut sari-sari makanan dari usus halus ke seluruh tubuh.

3. Sisterm Organ Pencernaan
Sistem pencernaan terdiri atas rongga ekspresi (didalamnya terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah), susukan pencernaan (dimulai dari kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus), kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas. Sistem pencernaan memiliki suatu fungsi adalah untuk mencerna makanan semoga mampu diserap tubuh.

4. Sitem Organ Otot
Sistem otot tersusun atas otot rangka (sebagai alat gerak aktif sebab menggerakan tulang), otot polos (terdapat pada organ-organ tertentu menyerupai lambung), dan otot jantung. Sistem otot berfungsi sebagai untuk menentukan postur tubuh, sebagai alat gerak, dan menyimpan glikogen.

5. Sistem Organ Saraf
Sistem saraf terdiri atas sistem saraf pusat, adalah otak besar, batang otak, otak kecil, dan sumsum tulang belakang. Sedangkan saraf terdiri atas 12 pasang saraf otak dan 31 pasang saraf punggung. Saraf tepi ini memiliki korelasi dengan alat-alat indera. Sistem saraf ini memiliki suatu fungsi untuk mendapatkan dan merespon rangsang dari luar.

6. Sistem Organ Reproduksi
Sistem reporduksi pada jantan terdiri atas yaitu, testis, vas deferens, duktus epididimis, kelenjar prostat, dan ureta. Sedangkan, sistem reporduksi betina terdiri atas indung telur, rahim, oviduk, dan vagina. Sistem reproduksi ini memiliki suatu fungsi adalah sebagai alat perkembangbiakan.

Itulah ulasan wacana Pengertian,  Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan. Semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.