Pengertian, Macam-Macam, dan Beserta Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan

Pengertian, Macam-Macam, dan Beserta Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan – Jaringan ?? Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai suatu bentuk dan struktur yang sama untuk suatu fungsi tertentu. Ilmu yang mempelajari ihwal jaringan disebut yaitu histologi. jaringan tidak hanya di jaringan insan dan hewan saja, tapi tumbuhan juga memiliki jaringan. Untuk itu, itu disini akan membahas ihwal pengertian Jaringan pada tumbuhan, Macam-Macam Jaringan tumbuhan, dan beserta fungsi jaringan pada tumbuhan. Mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Jaringan Pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan merupakan kumpulan dari beberapa sel yang sejenis, memiliki fungsi yang sama, dan jaringan pada tumbuhan terdiri dari atas suatu jaringan meristem dan jaringan permanen.

Macam-Macam Jaringan Pada Tumbuhan 

1. Jaringan Meristem
Jaringan meristem merupakan tersusun atas sel-sel yang selalu membelah. Jaringan meristem (tumbuh), berfungsi melaksanakan pembelahan sel badan pada suatu tumbuhan didapati 2 titik tumbuh, ialah titik tumbuh akar dan titik tumbuh batang. Pada kedua titik tumbuh tersebut terdapat pada sel-sel yang aktif membelah dan bersifat meristematis. Terdapat pada embrio diujung akar, ujang batang dan kambium.
  • Berdasarkan asal pembentukannya, jaringan meristem terbagi menjadi tiga yaitu, promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder.
  • Berdasarkan letaknya, jaringan meristem terbagai menjadi 3 yaitu, meristem apikal, interkalar, dan lateral.
  • Berdasarkan sifat-sifat dasar selnya, jaringan meristem dibagi menjadi mersitem primer, dan meristem sekunder.
2. Jaringan Permanen
Jaringan permanen meliputi epdermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong, jaringan pengangkut, dan beberapa jaringan yang lain.
a. Jaringan epidermis (pelindung)
Jaringan epidermis yaitu jaringan yang melapisi permukaan badan tumbuhan, baik pada suatu daun, batang, dan akar. Jaringan epdermis yang satu ini tersusun rapat berfungsi untuk sebagai jaringan pelindung.
Ciri-Ciri Jaringan Epidermis
  • adalah selapis sel pipih, tipis dan rapat.
  • terletak paling luar/tepi
  • memiliki lapisan kutikula/lilin
  • berfungsi untuk menutupi permukaan daun, batang, dan akar.
 b. Jaringan Stereon/Penguat
  • Jaringan Sklerenkim, merupakan sel-sel yang sudah mati, jaringan sklerenkim terdiri atas yaitu fiber/serat dan sel batu/sklereid jadi bersifat kaku/mudah patah. Jaringan ini menimbulkan penebalan kepada semua dinding sel oleh zat lignin/zat kayu. Jaringan ini berfungsi untuk melindungi dan menguatkan bab dalam sel. 
  • Jaringan Kolenkim, pada jaringan kolenkim penebalan terjadi disudut-sudut sel oleh zat selulose. Jaringan ini bersifat lentur/fleksibel, mengandung klorofil. Terdapat pada batang, daun, buah, dan akar, dan berfungsi untuk menguatkan badan tumbuhan.
3. Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar yang terdapat diantara jaringan-jaringan lainnya. Berfungsi sebagai kawasan untuk menyimpan makanan. Jaringan parenkim pada daun mengandung kloroplas untuk fotosintesis dan dibedakan menjadi dua yaitu spons dan jaringan pagar.
4. Jaringan Pengangkutan (xylem dan floem)
Jaringan pengangkutan yaitu suatu jaringan sebagai pembuluh yang mengangkut air dan zat-zat makanan. Ada 2 macam jaringan pengangkutan, yaitu :
  • Jaringan floem atau pembuluh tapis memiliki fungsi sebagai pengangkut air dan hasil fotosintesis dari daun.
  • Jaringan xilem atau pembuluh kayu memiliki fungsi sebagai pengangkut air dan garam-garam mineral dari suatu akar.
5. Jaringan Gabus/Peridem
Jaringan gabus merupakan sel pengganti epidemis yang sudah mati. Pada jaringan gabus/peridem ini mengandung zat suberin/zat gabus. Berfungsi sebagai pelindung dan jalur transportasi air.