Pengertian, Macam-Macam, Asas-Asas, dan Contoh Hukum Internasional

Pengertian, Macam-Macam, Asas-Asas, dan pola Hukum Internasional – Hukum??? mendengar kata hukum Sudah biasa  didengar, dari zaman ke zaman hukum sudah ada. Disetiap negara pasti memiliki hukum nya masing-masing, baik itu hukum internasional, hukum agama, hukum negara, ataupun hukum yang ada didalam kehidupan. Tapi tidak banyak yang mengerti atau memahami ihwal hukum. menyerupai hukum internasional, disini akan mengulas ihwal apa itu hukum internasional. simak baik-baik ihwal pengertian, macam-macam, asas-asas, dan pola hukum internasional secara seksama. 

Sejarah Hukum Internasional
Sejarah hukum internasional sudah ada semenjak lama dikala ribuan tahun yang lalu. Di negara kota yang terletak di Mesopotamia saksi bisu  perjanjian diatas kerikil antara pimpinan lagash dan pimpinan umma sekitar 2100 tahun sebelum masehi. Selanjut nya sekitar 1000 tahun setelah itu, selain itu dibuat juga perjanjian  persaudaraan dan perdamaian yaitu anatara raja mesir, Rameses II dan Raja Hittities. Kedua perjanjian yang sangat terkenal tersebut merupakan wujud awal dari adanya hukum internasional.
Pengertian Hukum Internasional 
merupakan segala peraturan hukum yang menyangkut setidaknya dua negara atau lebih. Hukum internasional ini mengatur semua acara masyarakat yang ada di sebuah negara yang tidak sama sesuai dengan ketentuan internasional. Sehingga, tidak semua acara insan mampu diatur dengan memakai hukum internasional. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan budaya dan tradisi dari negara masing-masing..

Hukum internasional yang mengatur dua negara atau lebih hanya dapat diterapkan di tempat yang bersifat umum dan dari sebelumnya telah disetujui oleh pihak pihak dari negara yang menganut hukum internasional tersebut. Hukum internasional harus mampu mengacu pada kaedah dan dasar yang mengatur relasi antar masyarakat berbangsa dan bernegara.


Macam-Macam Hukum Internasional 

Hukum internasional memiliki 2 macam hukum, hukum internasional dibagi menjadi 2 macam, yaitu:
1. Hukum Perdata Internasional
Merupakan hukum internasional yang mengatur relasi antara warga negara dan hukum di sebuah negara sama warga negara dari negara lain. Hukum perdata internasional juga disebut hukum antar bangsa.

2. Hukum Publik Internasional

Hukum internasional yakni yang mengatur relasi antara negara yang satu dengan negara lainnya dalam relasi internasional. Hukum publik internasional juga disebut Hukum antar negara.

Asas-Asas Hukum Internasional

Hukum Internasional juga memiliki Asas-asas yang berlaku di dalam hukum internasional, diantaranya : 
1. Asas Teritorial
Asas ini mengungkapkan bahwa negara menyiapkan hukum untuk semua orang dan juga semua barang yang berada disebuah tempat negara tersebut.
2. Asas Kebangsaan
Asas kebangsaan ini mengungkapkan asas kebangsaan yakni sebuah hukum negara tetap berlaku bagi seorang warga negara meskipun ia berada di sebuah negara lain. Asas ini mempunyai kekuatan ekstrateritorial.
3. Asas Kepentingan Umum
Asas menyatakan asas kepentingan umum yakni bahwa hukum negara tidak terikat pada batas-batas wilayah suatu negara karena hukum beradaptasi sama semua keadaan ataupun kejadian yang menyangkut kepentingan umum.

Contoh Hukum Internasional 

1. Hukum Internasional Regional
Merupakan Hukum Internasional yang berlaku/terbatas kawasan lingkungan berlakunya, menyerupai Hukum Internasional Amerika / Amerika Latin, menyerupai konsep landasan kontinen (Continental Shelf) dan konsep tunjangan kekayaan hayati laut (conservation of the living resources of the sea) yang pertama-tama tumbuh di Benua Amerika sehingga menjadi hukum Internasional Umum.

2. Hukum Internasional Khusus
Hukum Internasional khusus merupakan Hukum Internasional dalam bentuk kaedah yang khusus berlaku bagi negara-negara tertentu menyerupai Konvensi Eropa mengenai HAM sebagai cerminan keadaan, kebutuhan, taraf perkembangan dan tingkat integritas yang berbeda-beda dari adegan masyarakat yang berlainan. Berbeda dengan regional yang tumbuh melalui proses hukum kebiasaan.