Pengertian Litosfer dan Lapisan-Lapisan Bumi Lengkap

Pengertian Litosfer dan Lapisan-lapisan Litosfer

 Pengertian Litosfer 

Litosfer, dalam bahasa yunani, Litosfer berasal dari kata lithos dan sphera, lithos berarti batuan dan sphera berarti lapisan. berarti litosfer merupakan lapisan bumi paling luar yang berupa batuan, tanah liat, bubuk vulkanik, pasir, dn krikil. Litosfer terdiri atas batuan yang keras dan mudah retak. Material batuan litosfer dapat dilihat pada tebing gres bekas longsor atau lubang bekas penebangan. dan ketebalan litosfer mencapai kedalaman 1.200 km. 


Lapisan-Lapisan Litosfer

1. Lapisan Sial (Silisium-Aluminium)
Lapisan sial berada dibagian atas dan tersusun oleh logam silisium (SiO2) dan alumunium (AI2O3). Lapisan kerak bumi ini bersifat padat dan berbentuk batuan dengan ketebalan sekira 35 km. Lapisan kerak bumi ini terdiri atas batuan beku menyerupai granit dan andesit. batuan sedimen, dan batuan metamorf . Kerak bumi dibedakan menjadi dua yakni kerak benua dan kerak samudra.
  • Kerak benua, Kerak benua membentuk daratan benua. kerak benua lebih tebal dibandingkan kerak samudra. tebal lapisan kerak benua kira-kira 30-80 km. berdasarkan umur geologis, lapisan kerak benua berumur sekitar 3,8 miliar tahun atau lebih renta dibandingkan umur kerak samudra.
  • Kerak Samudra berupa benda padat yang terdiri atas batuan vulkanik dibawah nya, serta batuan beku gabro dan prioditit dibagian paling bawah. kerak samudra berada didasar samudra dengan ketebalan sekira 5-7 km. kerak samudra mengalami pembaruan terus menerus dari acara gunung api sepanjang pematang tengah samudra. berdasarkan umur geologis nya lapisan kerak samudra lebih muda dibaningkan kerak benua yakni lebih kurang 200 juta tahun.
2. Lapisan Sima (Silisium-Magnesium)
Lapisan sima kerak bumi berada dibawah lapisan sial serta tersusun atas logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa SiO2 dan MgO2 . Berat jenis lapisan sima lebih besar dibandingkan lapisan sial. Lapisan sima mengandung besi dan magnesium, yakni mineral fero magnesium dan batuan basalt. Lapsan sima merupakan materi yang bersifat lentur(elatis) dengan ketebalan sekira 65 km.

Itulah penjelasan wacana pengertian litosfer dan lapisan-lapisan bumi, sekian dan terimakasih 🙂