Pengertian, Karakterisitik, dan 10 Jenis Jasa Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap

Pengertian, Karakterisitik, dan 10 Jenis Jasa Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap– Semakin berkembang nya zaman,pekerjaan dibidang jasa bermacam-macam jenis pekerjaan jasa. Karena dizaman sekarang sangat membutuhkan yang namanya bidang jasa untuk membantu pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak penjelasan yang ada dibawah berikut.


Pengertian Jasa Secara Umum

Jasa ialah suatu dukungan kinerja atau tindakan tak bergairah mata dan satu pihak kepada suatu pihak lain. Pada umumnya jasa diproduksi dan dikonsumsi dengan bersamaan, di mana suatu interaksi antara pemberi jasa dan akseptor jasa yang mensugesti hasil jasa tersebut. Adapun pengertian jasa yang lain ialah suatu kegiatan yang dapat diidentifikasikan, yang yang memiliki sifat tak teraba, yang direncanakan untuk suatu pemenuhan kepuasan konsumen. Untuk menghasilkan suatu jasa perlu atau juga tidak perlu penggunaan barang yang berwujud. Walaupun harus diharapkan barang berwujud, akan tetapi tidak terdapat suatu pemindahan hak milik atas benda tersebut.

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

1. Phillip Kotler
Menurut Phillip Kotler menyatakan bahwa jasa ialah suatu Layanan setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dalam suatu intangibel prinsip dan tidak menjadikan suatu perpindahan kepemilikan. Produksi dapat terkoneksi dan mampu juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
 
2. Adrian Payne
Menurut Adrian Payne menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang memiliki sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang menghubungkan sejumlah interaksi dengan suatu pelanggan atau dengan barang-barang, tetapi tidak menghasilkan suatu transfer kepemilikan. Emitor perubahan kondisi dapat timbul dan suatu produksi layanan mungkin mempunyai atau mungkin tidak mempunyai kekerabatan dengan produk fisik.
3. Christian Gronross
Menurut Christian Gronross menyatakan bahwa Jasa ialah suatu proses yang terdiri dari suatu serangkaian kegiatan yang berwujud yang biasanya tetapi tidak selalu terjadi pada suatu interaksi antara suatu pelanggan dan layanan karyawan dan atau suatu sumber daya fisik atau barang atau penyedia sistem, yang disediakan sebagai solusi untuki permasalahan pelanggan “.

Suatu Interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan sering terjadi dalam pelayanan, bahkan jikalau suatu pihak yang terlibat mungkin tidak menyadari hal itu. Selain itu, dimungkinkan ada suatu situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi pribadi dengan suatu perusahaan jasa.
 

4. Zeithaml dan Bitner
Menurut Zeithaml dan Bitner menyatakan bahwa jasa ialah semua kegiatan ekonomi yang menghasilkan output tidak dalam bentuk suatu produk fisik atau bentuk yang biasanya yang dikonsumsi selama produksi, dan menunjukkan suatu nilai tambah dalam bentuk menyerupai kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan”.
 
5. Lovelock Dan Wright (2002)
Menurut Lovelock Dan Wright (2002) mendefinisikan bahwa Jasa ialah suatu tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak lain. Walaupun suatu proses mampu dikaitkan dengan suatu produk fisik, kinerja pada dasarnya intagible dan biasanya tidak menghasilkan suatu kepemilikan salah satu faktor produksi.

Layanan jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang menciptakan suatu nilai dan menunjukkan manfaat bagi suatu pelanggan pada waktu dan daerah tertentu, sebagai akhir dari membawa perubahan yang diinginkan atas nama akseptor layanan.
 

6. Djaslim Saladin
Menurut Djaslim Saladin menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan atau manfaat yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke suatu pihak lain.
 
7. Norman
Menurut Norman menyatakan bahwa Jasa ialah suatu tindakan dan interaksi dalam bentuk kontak sosial antara suatu produsen dan suatu konsumen yang lebih dari sekedar hasil yang tidak diblokir.

Jenis-jenis Jasa

  • Yang Pertama jasa Usaha Rumah Tangga, jenis jasa yang satu ini mencakup banyak hal yang ada didalam sebuah rumah tangga. Contohnya : Untuk merawat sebuah kebun, memperbaiki rumah, Menjual air minum, kelengkapan alat-alat rumah tangga, sebagai pembersihan rumah, dan lain sebagainya.
  • Yang kedua jasa Perumahan, jenis jasa ini mencangkup penyewaan sebuah kamar hotel (penginapan), apartemen, kost-kostan, dan lain sebagainya.
  • Yang ketiga jasa Hiburan atau Rekreasi, yang ketiga ini jenis jasa ini meliputi penyewaan alat-alat yang bekerjasama dengan suatu hiburan, atau penyewaan daerah untuk melaksanakan suatu kegiatan hiburan.
  • Yang keempat jasa Perawatan Pribadi, jenis jasa yang ke empat ini ialah suatu perawatan kecantikan, pijit, salon, dan lain sebagainya.
  • Yang kelima Jasa Kesehatan, jenis jasa yang satu ini termasuk jasa yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, contohnya ialah perawatan dirumah sakit, bidan, puskesmas, dan lain sebagainya.
  • Yang keenam jasa Bisnis, jenis jasa yang satu ini meliputi jasa akuntan, jasa konsultan, jasa marketing, dan lain sebagainy.
  • Yang ketujuh jasa Komunikasi, teladan jasa komunikasi yaitu warnet, wartel pengiriman fax, kantor pos, dan lain sebagainya.
  • Yang kedelapan jasa Transportasi, jenis jasa ini sering kita gunakan ketika kita berpergian disuatu tempat. contohnya angkutan darat, angkutan laut, angkutan udara, dan lain sebagainya.
  • Yang kesembilan Jasa Keuangan, jenis jasa keungan yang digunakan yaitu bank. contohnya leasing, pajak, Bank pinjamandan lain sebagainya.
  • Dan yang terakhir jenis Pendidikan, jenis jasa ini sangat penting untuk kelangsungan bangsa dan negara alasannya ialah untuk mendidik bawah umur bangsa. teladan jenis jasa ini antara lian ialah guru privat, guru les, guru ngaji, guru sekolah.dan lain sebagainya.

Karakeristik Jasa 

Jasa memiliki kurang lebih 4 (empat) buah karakteristik yang sangat berperan penting dalam sebuah rancangan sebuah kegiatan pemasaran, yaitu :
  • Yang pertama Intangibility (Tak Berwujud), jasa ialah sesuatu yang tak mampu dilihat, diraba, dicium, didengar sebelum adanya sebuah janji dari kedua belah pihak dari sebuah transaksi pembelian.
  • Yang kedua Inspirability (Tidak Dapat Dipisahkan), jasa yang tidak mampu dipisahkan dari suatu sumbernya, apakah sumber itu ialah mesin atau orang, hadir atau tidak.
  • Yang ketiga Variability (Berubah-ubah), jasa ini sesuatu yang memiliki sifat tidak tetap, artinya jasa ini bergantung pada siapa yang menyajikannya.
  • Yang terakhir Perishability (Mudah Lenyap), daya tahan suatu jasa ini tidak akan menjadi dilema jikalau suatu undangan selalu ada, sebaliknya jikalau suatu undangan menurun maka akan menjadi sebuah dilema bagi suatu penyedia jasa tersebut.
Semua kegiatan insan pasti berkaitan dengan bidang jasa, oleh alasannya ialah itu jasa sangat berperan penting untuk kelangsungan kegiatan insan sehari-hari. Itulah penjelasan ihwal Pengertian, Karakterisitik, dan 10 Jenis Jasa Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Terlengkap



Baca juga :