Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 3 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 3 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap – Resensi ?? mendengar kata resensi terdengar gila ditelinga kita, Tapi sering kita lihat dalam buku-buku yang sering kita baca. Untuk lebih terang dalam mengetahui apa itu resensi. Marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Resensi

Dalam Secara etimologi, kata resensi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere yang mempunyai arti melihat kembali, menimbang atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan kata recensie sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata review.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonsia, resensi yaitu sebagai suatu pertimbangan atau pembicaraan ihwal buku dan sebagainya. Secara garis besar resensi diartikan yaitu sebagai acara untuk mengulas atau menilai suatu hasil karya baik itu berupa buku, novel, ataupun film dengan cara dalam memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap suatu karya tersebut.

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

1. WJS. Poerwadarminta (dalam Romli, 2003:75) 
Menurut WJS. Poerwadarminta menyatakan bahwa resensi yakni sebagai suatu pertimbangan atau perbincangan ihwal sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi suatu dorongan kepada khalayak ihwal perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dipunyai atau dibeli. Perbincangan buku tersebut dimuat di surat kabar atau majalah. 
2. Panuti Sudjiman (1984)
Menurut Panuti Sudjiman menyatakan bahwa resensi yakni suatu hasil pembahasan dan penilaian yang pendek ihwal suatu karya tulis. Konteks ini memperlihatkan arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku. 
3. Dalam buku Bahasa dan Sastra Indoneisa (yang ditulis Euis Sulastri dkk)  
Kata resensi berasal dari bahasa Belanda,  resentie, yangartinya suatu kupasan atau pembahasan. Jadi, pengertian resensi yaitu suatu kupasan atau pembahasan ihwal buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui suatu media massa, menyerupai surat kabar atau majalah.
4. Saryono (1997:56) 
Menurut Saryono menyatakan bahwa Resensi yakni sebagai suatu goresan pena berupa esai dan bukan merupakan adegan sebuah ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya yaitu laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya , benar-salahnya, argumentatif- tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan suatu ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku.

Jenis-jenis Resensi

  • Resensi Informatif, yakni suatu resensi yang hanya memberikan sebuah isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  • Resensi Deskriptif, yakni salah satu jenis resensi yang membahas secara sebuah detail pada tiap adegan atau babnya.
  • Resensi Kritis, yakni salah satu jenis resensi yang berbentuk suatu ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari suatu resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.
 

Tujuan Resensi

  • Untuk membantu sih pembaca untuk mengetahui suatu gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya yang secara ringkas.
  • Untuk mengetahui suatu kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
  • Untuk mengetahui suatu latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  • Untuk menguji suatu kualitas buku dengan membandingkan terhadap suatu karya dari sih penulis yang sama atau penulis lainnya.
  • Untuk memberi masukan kepada sih penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

Unsur-Unsur Resensi 

1. Identitas Buku
Identitas buku yaitu meliputi judul, nama pengarang, nama penerbit dan alamatnyam nomor edisi, dan ketebalannya. Identitas buku mampu juga meliputi suatu ukuran buku, warna dan ilustrasi jilid. Akan tetapi, dalam kepentingannya dengan penulisan resensi hal itu jarang sekali dimunculkan.
2. Ikhtisar Buku
Ikhtisar buku yaitu disusun yang berdasarkan suatu pokok-pokok isi buku. Tetapi, alasannya buku yang akan anda resensi itu berupa novel maka cara untuk menentukan suatu pokok-pokok tidak sama dengan buku nonfiksi. pokok-pokok isi novel mampu ditentukan yang berdasarkan suatu keadaan ataupun peristiwa-peristiwa penting.

3. Kepengarangan
Sosok pengarang yaitu sering diceritakan dalam suatu resensi novel. Hal itu terutama berkaitan dengan suatu latar belakang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karyanya. Pada bagian-bagian tersebut diceritakan secara ringkas dan umumnya tidak melebihi satu paragraf. Sosok pada pengarang umumnya dicantumkan di sebuah halaman pertama atau dibagian belakang novel. Dari situ anda mampu berbicara ihwal suatu unsur kepengarangan. Untuk pengarang yang sudah terkenal, anda mampu membacanya dari sumber-sumber lain.
 
4. Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan dan kelemahan dalam resensi mampu berkaitan dengan suatu unsur-unsur novel. Terhadap unsur-unsur, anda memperlihatkan sebuah penilaian, baik itu yang berdasarkan suatu kesedarhanaan, kejelasan kekhasan, pengusaan masalah, dan sebuah aspek-aspek lainnya yang ditentukan sendiri.

Manfaat Resensi

  • Untuk menjadi sebuah materi pertimbangan para sih pembaca yang sedang membutuhkan buku tersebut.
  • Bagi penulis resensi mampu menjadi suatu komplemen nilai ekonomi alasannya biasanya yang diminta untuk membuat dalam resensi buku bukan sembarang orang, dan tentunya akan mendapat suatu imbalan yang sesuai.
  • Bagi penulis buku, resensi mampu menjadi sarana promosi buku tersebut serta menjadi sebuah sarana  pengembang kreativitas penulis untuk menghasilkan sebuah karya –karya yang lebih baik lagi. 
Dalam menulis sebuah buku harus mempunyai sebuah resensi dalam suatu isi buku tersebut.

Itulah ulasan ihwal Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Unsur-Unsur Resensi Beserta 3 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca juga :