Pengertian, Jenis-jenis, dan Klasifikasi Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Pengertian, Jenis-jenis, dan Klasifikasi Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang) – Avertabrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Disini aku akan menjelaskan pengertian Avertebrata, jenis-jenis avertebrata, dan kelas avertebrata. untuk itu mari simak penjelasan dibawah berikut.

Pengertian Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Avertebrata hewan yang tidak memiliki tulang belakang. avertebrata diklasifikasikan menjadi 8. dan kebanyakan cara reproduksi nya dengan reproduksi seksual

Jenis-Jenis Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

1. Hewan Berpori (Porifera)
Porifera sering disebut hewan berpori-pori alasannya tubuhnya berpori. Kebanyakan hewan dari golongan ini hidup dilaut dangkal, tetapi ada pula yang hidup di ari tawar. Porifera mempunyai rangka badan yang mirip duri (spikula) yang tersusun dari zat apur, kersik, atau zat tanduk yang disebut spongin. Contoh anggota porfera : Xestospongia sp, Reniochalina sp, dan cribrochalina sp.
Menurut Bahan penyusun rangkanya, porifera dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : 1. Hexactinelida, 2. Demospongia, dan 3. calcarea.

2. Hewan Berongga (Coelenterata)
Hewan berongga merupakan hewan yang memiliki rongga. Rangka dari zat kapur/zat tanduk dan bersifat hermaprodit. Bersifat heterotof dengan memakan plankton dan hewan kecil di air. Habitat di air laut maupun di air tawar. Berdasarkan bentuk mayoritas dalam siklus hidupnya, Hewan berongga diklasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu : Hydrozoa, scyphozoa, dan anthozoa. 

3. Cacing Pipih (Platyheminthes)
Platyheminthes sering disebut cacing pipih (platy berarti pipih dan heminthes berarti cacing) alasannya bentuk tubuhnya pipih dorsoventral. Platyheminthes meliputi kelompok cacing yang tubuhnya pipih dan relatif sederhana dibandingkan dengan filum cacing yang lain. Platyheminthes dibagi menjadi 3 kelas, yaitu : Turbelaria (Cacing berambut getar), trematoda (cacing isap), dan cestoda (cacing pita).

4. Cacing Gilig (Nemathelminthes)
Nemathelminthes berasal dari bahasa yunani nematos (benang) dan thelminthes (cacing) yang berarti cacing yang berbetnuk gilig mirip benang. nama lain Nemathelminthes ialah nematoda. Nemathelminthes dibagi menjdai dua kelas, yaitu : Nematoda, dan Nematophora.

5. Cacing Berbuku-Buku (Annelida)
Annelida berasal dari bahasa yunani, annulus yang berarti cincin, dan oidos berarti bentuk. Dari namanya Annelida dapat disebut sebagai cacing yang bentuk tubuhnya bergelang-gelang atau disebut cacng gelang. Menurut banyak sedikitnya rambut (seta), annelida dibagi menjadi tiga kelas yaitu : polyhaeta, olygochaeta, dan hirudinea.

6. Hewan Lunak (Mollusca)
Mollusca berasal dari bahasa latin molluscus yang artinya lunak. Mollusca merupakan kelompok hewan yang bertubuh lunak. Oleh alasannya struktur tubuhnya yang lunak inilah, Mollusca dikelompokan hewan lunak. Mollusca terbagi menjadi lima kelas berdasarkan tipe kaki, posisi kaki, dan tipe cangkang. Lima kelas tersebut adalah, Amphineura, gastropoda, schaphopoda, pelecypoda, dan cephalopoda.

7. Hewan Berkulit Duri (Echinodermata)
Echinodermata ialah hewan yang tubuhnya diselimuti duri, ada lempengan zat kapur/zat kitin yang keras. Tubuh simetri radial dengan lima lengan. Pada tubuhnya terdapat sistem ambulakral untuk alat gerak, bernafas, dan menangkap mangsa. Ada 5 kelas yaitu : asteroidea, echinoidea, landak laut, ophiuroidea, crinoidea, dan holothuroidea.

8. Hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda)
Arthropoda berasal dari kata arthros (sendi atau ruas) dan podos (kaki) yang berarti hewan dengan kaki yang bersendi atau beruas-ruas. Arthropoda memiliki ukuran badan yang berbeda-beda dari yang berukuran kecil sampai berukuran besar. Arthropoda ialah hewan berbuku-buku, tubuhnya dibedakan atas kepala, dada, dan perut. Tubuh terbungkus zat kitin yang keras, memiliki alat indra yang peka terhadap sentuhan dan bau-bauan, memiliki mata faset yaitu mata majemuk terdiri atas beribu-ribu mata kecil berbentuk segi enam. Arthropoda dikelompokan menjadi 4 kelas yaitu : Insecta (serangga), crustacea(udang-udangan), arachnoidea (Laba-laba), dan Myriapoda (lipan)

Itulah penjelasan perihal Pengertian, Jenis-jenis, dan penjabaran Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang). biar bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terima kasih.


Baca juga :