Pengertian, Jenis-Jenis, dan 10 Manfaat Data Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Jenis-Jenis, dan 10 Manfaat Data Menurut Para Ahli Terlengkap -Kata data berasal dari bahasa Latin yaitu datum yang artinya suatu bentuk jamak yang berarti sesuatu yang diberi. Data ialah sekumpulan fakta yang didapat dan untuk diperuntukan menjadi suatu data untuk diproses atau diolah sehingga menjadi sesuatu yang dapat dimengerti oleh orang lain. Untuk lebih terang lagi wacana mengenai data mari simak penjelasan dibawah berikut.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

1. Selamet Riyadi
Menurut Selamet Riyadi menyatakan bahwa data ialah suatu kumpulan isu yang didapatkan dari suatu pengamatan yang dimana data mampu berupa suatu angka-angka atau lambang.
2. Zulkifli A.M
Menurut Zulkifli A.M menyatakan bahwa data ialah suatu keterangan, bukti atau suatu fakta wacana suatu kenyataan yang masih mentah (original) dan belum diolah sama sekali.
3. Haer Thalib
Menurut  Haer Thalib  menyatakan bahwa Data ialah suatu kumpulan fakta yang tak lain ialah suatu kejadian atau suatu kenyataan.
4. Arikunto
Menurut Arikunto menyatakan bahwa data ialah suatu kumpulan fakta dan angka-angka yang mampu dijadikan materi untuk menyusun suatu informasi.
5. Kristanto
Menurut Kristanto menyatakan bahwa Data ialah sebuah fakta yang mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian wacana sebuah keadaan atau suatu kejadian.
6. Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin
Menurut Wahyu Supriyanto & Ahmad Muhsin menyatakan bahwa Data ialah materi baku dari suatu isu atau simbol yang mewakili suatu kuantitas, fakta, tindakan, benda dan lain-lainnya.
 
7. Lia Kuswayatno
Menurut Lia Kuswayatno Menyatakan bahwa data sebagai sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam suatu kehidupan nyata.
8. Anhar 
Menurut Anhar menyatakan bahwa data ialah suatu kenyatakan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan suatu kesatuan yang faktual yang nantinya akan digunakan untuk sebagai materi dasar sebuah isu

Jenis-Jenis Data

1. Jenis-jenis data Menurut sifatnya :
  • Data Kualitatif ialah data yang tidak berbentuk angka contohnya: Kuesioner Pertanyaan wacana suasana kerja,suatu kualitas pelayanan dalam sebuah rumah sakit atau suatu gaya kepemimpinan, dll.
  • Data Kuantitatif ialah data yang berbentuk suatu angka, contohya: suatu harga saham, besarnya suatu pendapatan, dan lain sebagainya.

2. Jenis-jenis data menurut sumbernya yaitu :
  • Data Internal ialah data dari dalam sebuah organisasi yang menggambarkan suatu keadaan organisasi tersebut. Misalnya: perusahaan, jumlah suatu karyawannya, jumlah suatu modalnya, jumlah produksinya dan lain sebagainya.
  • Data Eksternal ialah data dari luar sebuah organisasi yang dapat menggambarkan suatu faktor-faktor yang mungkin mensugesti hasil kerja sebuah organisasi. Contohnya: suatu daya beli masyarakat yang mensugesti hasil penjualan suatu perusahaan.

3. Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain:
  • Data Primer ialah suatu data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi yang secara pribadi dari suatu objek yang diteliti dan untuk kepentingan suatu studi yang bersangkutan yang dapat berupa suatu interview, observasi.
  • Data Sekunder ialah suatu data yang didapatkan/dikumpulkan dan disatukan oleh suatu studi-studi sebelumnya atau yang telah diterbitkan oleh banyak sekali suatu instansi lain. Biasanya sumber tidak pribadi yang berupa suatu data dokumentasi dan suatu arsip-arsip resmi.

4. Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:
  • Data cross section ialah suatu data yang dikumpulkan pada sebuah waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan suatu keadaan dan acara pada waktu tersebut. contohnya : suatu data penelitian yang menggunakan suatu kuesioner.
  • Data berkala ialah suatu data yang dikumpulkan dari suatu waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan yang selama periode tersebut. contohnya : suatu perkembangan uang yang beredar, dan harga 9 macam materi pokok suatu penduduk.

Manfaat Data 

  • Untuk suatu komponen utama atau penting dalam suatu sistem informasi,dikarenakan dasar dari dalam menyediakan suatu informasi
  • Menentukan kualitas isu yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
  • Untuk mengatasi suatu kerangkapan data (redundancy data)
  • Untuk menghindari terjadinya suatu inkonsistensi data
  • Untuk mengatasi suatu kesulitan dalam mengakses data
  • Untuk menyusun sebuah format yang standar dari suatu data.
  • Untuk Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Suatu database mampu dimanfaatkan secara bersamaan oleh banyak pengguna (multiuser).
  • Untuk melaksanakan suatu sumbangan dan suatu pengamanan data. Setiap sebuah data hanya mampu diakses atau dimanipulasi oleh suatu pihak yang diberi otoritas dengan menunjukkan sebuah login dan password terhadap masing-masing sebuah data.
  • Agar pengguna mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari sebuah data. Yang hal ini untuk bertujuan menyederhanakan suatu interaksi antara pemakai dengan sistemnya dan sebuah database yang dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pemakai, programmer dan administratornya.
  • Untuk mendapatakan penelitian dari sekumpulan data yang terdiri dari obeservasi, dan wawancara.
Suatu kumpulan isu yang diolah menjadi sebuah isu yang sangat penting.  Itulah penjelasan wacana Pengertian, Jenis-Jenis, dan 10 Manfaat Data Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang dijelaskan diatas bermanfaat bagi pembaca dan bagi yang membutuhkannya. Sekian dan terimkasih.


Pengertian dan Fungsi 7 OSI Layer