Pengertian jantung, dan 12 Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Kesehatan Terlengkap

Pengertian jantung, dan 12 Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Kesehatan Terlengkap – Jantung adalah suatu organ muskular pada insan yang memiliki fungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah dalam suatu sistem sirkulasi darah manusia.Jantung ini bentuknya ibarat mirip buah pir yang terbalik dengan ukuran yang sama dengan kepalan tangan orang dewasa. Fungsi jantung memilki fungsi yang sangat vital alasannya jantung untuk menjaga darah supaya tetap mengalir dan untuk membawa oksigen serta sari-sari makanan ke dalam setiap sel tubuh. Jantung terdiri dari beberapa episode dan bagian-bagian nya memiliki fungsi masing-masing.


Bagian-Bagian Jantung

1. Aorta
Aorta adalah sebuah arteri terbesar dalam tubuh. yang letaknya di episode atas jantung. 

Fungsi aorta adalah untuk membawa darah yang mengandung suatu oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.
 
2. Vena Kava Superior
Vena kava superior (vena cava) adalah suatu vena besar dalam badan yang letaknya juga di episode atas jantung.

Fungsi vena kava superior : untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari semua badan episode atas ke jantung.
 
3. Arteri Pulmonalis
Arteri pulmonalis adalah suatu arteri yang mengangkut darah dari jantung ke episode paru-paru. 

Fungsi arteri pulmonalis : Untuk mengganti suatu karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.
 
4. Katup Aorta
Katup aorta adalah suatu katup yang memisahkan suatu ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan suatu tekanan darah pada kedua sisi katup yang menyebabkan suatu katup dapat terbuka dan tertutup. 
Fungsi katup aorta : Untuk mencegah suatu darah mengalir ke arah yang salah.
 
5.  Atrium
Atrium adalah suatu bentuk jamak dari suatu atria yang memiliki  arti yang sama dengan serambi. Atrium memiliki dua bagian, yaitu Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium memiliki dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada suatu jantung. 

Fungsi atrium kiri dan atrium kanan : atrium kiri untuk mendapatkan darah dari paru-paru yang banyak oksigen dan membawanya ke suatu ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan adalah untuk mendapatkan darah dari seluruh badan yang banyak akan karbon dioksida yang kemudian membawanya ke ventrikel kanan.
 
6. Vena pulmonalis
Vena pulmonalis adalah suatu vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di suatu atrium kiri. Atrium kiri memiliki Ukuran yang lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari suatu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. 

Fungsi vena pulmonalis : untuk membawa darah yang kaya oksigen kembali ke suatu jantung yang kemudian diedarkan ke semua tubuh.
 
7. Katup Trikuspidalis
Katup trikuspidalis atau katup trikuspid adalah suatu katup yang memiliki tiga daun katup. Katup ini mampu terbuka kalau sistole berkontraksi dan mampu menutup kembali. 

Fungsi katup trikuspidalis : Untuk memisahkan suatu atrium kanan dan suatu ventrikel kanan dan untuk membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari suatu atrium kanan ke ventrikel kanan.
 
8. Katup Mitral
Katup mitral atau yang disebut bicuspid  adalah suatu katup yang memisahkan suatu atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini mampu terbuka pada ketika darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke suatu ventrikel kiri. 

Fungsi katup mitral : untuk mencegah suatu darah yang telah berada di suatu ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.
 
9. Ventrikel
Ventrikel adalah memiliki dua ruang kosong dari empat ruang di episode bawah jantung. Ventrikel juga sering disebut dengan bilik. Ada dua episode ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan). 

Fungsi ventrikel : untuk mendapatkan darah dari suatu atrium yang kemudian membawanya keluar dari suatu jantung. Fungsi ventrikel kiri yaitu untuk mendapatkan darah dari suatu atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. dan fungsi ventrikel kanan adalah untuk mendapatkan darah dari atrium kanan dan membawanya ke sebuah paru-paru.
 
10. Vena Kava Inferior
Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah suatu vena terbesar dalam suatu badan manusia. 

Fungsi vena kava inferior : untuk membawah darah dari episode bawah badan ke atrium kanan jantung.
 
11. Katup Atrioventrikular
Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler adalah suatu katup yang terletak di antara suatu atrium dan suatu ventrikel. 

Fungsi katup atrioventrikular : untuk membuat suatu darah hanya mampu mengalir dari suatu atrium ke ventrikel.
 
12. Dinding Jantung
Dinding jantung adalah suatu episode terluar yang melapisi suatu jantung. Dinding jantung ini terdiri dari tiga macam lapisan yaitu lapisan endokardium (terdalam), lapisan miokardium (bagian tengah), dan lapisan epikardium (terluar). Lapisan Endokardium yang terdiri dari epitel pipih selapis. Lapisan Miokardium yang terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Lapisan Epikardium adalah suatu membran fibrosa. 

Fungsi dinding jantung : Untuk membuat jantung berdetak dan mencegah biar jantung tidak bocor.
jantung memiliki fungsi yang sangat vital bagi badan manusia, berhentinya kinerja jantung akan menjadikan insan meninggal. Itulah penjelasan tentang  Pengertian jantung, dan 12 Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Kesehatan Terlengkap. Semoga ilmu yang dibaca oleh pembaca bermanfaat. sekian dan terimakasih.