Pengertian Ideologi Dan Macam-Macam Ideologi Yang Ada Di Dunia

Ideologi Nasional

Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Ideologi

Pengertian ideologi 

Ideologi merupakan sebuah konsep yang selalu menarik dikaji karna akan menyentuh persoalaan yang fundamental dan aktual. 
Secara Etimolgis
ideologi berasal dari kata idea dan logos. idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita. Kata Idea berasal dari bahasa yunani ideos yang berarti bentuk atau idein yang berarti melihat, sedangkan logos berarti ilmu. Dengan demikian ideologi berarti ilmu pengertian dasar ide-ide atau anutan perihal pengertian-pengertian dasar.
Secara  Terminologis 
Ideolgi merupakan keseluruhan prinsip atau norma yang berlaku dalam suatu masarakat yang meliputi banyak sekali aspek, menyerupai sosial politik, ekonomi, budaya, dan hankam.

Fungsi Ideologi Secara Umum :

  1. Tumbuh nya keyakinan dan kepercayaan
  2. Mengatur relasi anatara insan dan masyarakatnya.
  3. Membantu masyarakat dalam upaya melibatkan diri dalam banyak sekali sektor kehidupan masyarakat. 

Fungsi Ideologi Secara Khusus :

  1. Ideologi berfungsi melengkapi struktur kognitif manusia 
  2. Ideologi berfungsi sebagai panduan
  3. Ideologi berfungsi sebagai lensa
  4. Ideologi berfungsi sebagai kekuatan pengendali konflik 

Macam-Macam Ideologi Di Dunia

1. Konservatiseme, Radikalisme, dan Liberalisme 
  1. Konservatisme sering diartikan sebagai paham yang berusaha mempertahankan status quo dan menghindarkan perubahan-perubahan prinsip dalam tatanan (orde) masyarakat yang telah ada.
  2. Liberalisme ialah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak ialah nilai politik yang utama.
2. Merkantilisme dan Leninisme
  1. Merkantilisme ialah praktek dan teori ekonomi yang secara umum dikuasai di Eropa dari 16 ke masa ke 18 yang dipromoasikan lewat perstursn ekonomi pemerintahan suatu  negara untuk tujuan menambah  kekuasaan negara dan mengorbankan kekuatan nasional pesaing nya.
  2. Leninisme merupakan bab dari teori politik organisasi demokratis suatu partai politik revolusioner dan pencapaian demokrasi eksklusif kediktatoran proletariat sebagai awal sosialisme.   
3. Komunisme
Komunisme ialah salah satu ideologi di dunia, selain kapitalisme dan ideologi lainnya. Komunisme lahir sebagai reaksi terhadap kapitalisme di masa ke-19, yang mana mereka itu mementingkan individu pemilik dan mengesampingkan buruh.Istilah komunisme sering dicampuradukkan dengan Marxisme. Komunisme ialah ideologi yang digunakan partai komunis di seluruh dunia. Racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut “Marxisme-Leninisme”.