Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap dan Spesifik

Hai sobat semua, kali ini saya mau membuatkan artikel bermanfaat lagi mengenai Pengertian HAM menurut para ahli. HAM atau Hak Asasi Manusia ialah hak-hak dasar yang dimiliki oleh setiap orang yang dibawa semenjak lahir sebagai anugerah dari Allah yang wajib dijunjung tinggi oleh semua orang.

HAM sendiri sangat penting sekali alasannya ialah tanpa adanya HAM kita tidak mampu hidup nyaman dan aman alasannya ialah tidak ada yang mengatur perilaku dari setiap individu sehingga mereka nantinya akan hidup sesuka hati mereka yang akan berakibat pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, HAM juga perlu ditegakkan supaya semua orang mampu hidup nyaman dan aman serta terbebas dari ketakutan.

Oke pribadi saja kita bahas bahan kali ini yaitu mengenai pengertian HAM menurut para ahli, silahkan disimak.
(Jangan lupa baca juga pengertian dari pelanggaran HAM)

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa definisi HAM menurut para jago yang bekerjasama dengan HAM.

  • Haar Tilar
Pertama yaitu Haar Tilar, dia menyatakan bahwa HAM ialah hak-hak yang melekat pada diri setiap individu yang mana kalau tidak memiliki hak-hak dasar tersebut mustahil seseorang mampu hidup didunia ini. Hak tersebut didapatkan oleh setiap individu semenjak ia lahir ke dunia.
  • Prof. Koentjoro Poerbopranoto
Menurut beliau, HAM yaitu suatu hak yang bersifat dasar atau asasi. Hak-hak yang dimiliki setiap individu berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan pernah hilang dan sifatnya luhur atau suci.

  • John Locke
Menurut John Lock, HAM ialah hak-hak yang diberikan oleh Allah Yang Maha Esa kepada insan sebagai kodratnya sebagai makhluk ilahi dan tidak ada seorangpun didunia yang mampu mencabut atau menghilangkannya. HAM sendiri bersifat fundamental atau mendasar bagi kehidupan manusia.

  • Mahfudz M.D
Salah seorang tokoh yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Mahfudz M.D menyatakan bahwa HAM ialah hak yang melekat pada martabat setiap insan yang mana hak tersebut didapatkan semenjak lahir dan bersifat kodrati.

  • Muladi
Menurut Beliau, Definisi HAM ialah segala hak dasar atau pokok yang melekat pada setiap diri individu dalam kehidupannya.

  • Peter R. Baehr
Menurut Beliau, HAM merupakan hak yang sifatnya dasar yang mutlak harus dimiliki oleh setiap orang untuk menjalani perkembangan dirinya.

  • Karel Vasak
Menurutnya, HAM yaitu tiga generasi yang didapat dari revolusi Prancis. Maksud dari 3 generasi ialah merujuk pada inti dan ruang lingkup dari hak yang mana hak menjadi prioritas utama dalam kurun waktu tertentu.

  • Meriam Budiarjo
Salah seorang tokoh dari Indonesia ini menyatakan bahwa HAM ialah hak yang dimiliki oleh setiap orang yang dibawanya semenjak lahir ke dunia dan sifatnya universal alasannya ialah tidak memandang perbedaan ras, suku, budaya, agama dan perbedaan lainnya.

Nah itu dia beberapa pengertian ham menurut beberapa ahli. Dari definisi-definisi ham diatas sudah terang bahwa inti dari ham tersebut ialah Hak dasar yang dimiliki oleh setiap individu tanpa memandang golongan, suku, bangsa, ras, kebudayaan dan yang lainnya yang diberikan secara pribadi oleh Allah dan tidak mampu dicabut atau dilanggar oleh siapapun tanpa terkecuali.
Semoga dengan bahan diatas kita mampu menjadi insan yang lebih baik lagi dan mau untuk menegakkan HAM dimanapun dan kapanpun. Oke sekian bahan kali ini, agar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya dan temukan artikel bermanfaat lainnya hanya di