Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari dua kata, yaitu globe dan isasi. Globe berarti dunia, sedangkan isasi berarti proses. Jadi, globalisasi yaitu proses mendunia. Artinya, negara-negara di dunia ini seakan-akan menjadi satu. Batas antarnegara tidak ada lagi.

Globalisasi terjadi alasannya adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi informasi, segala isu dapat diketahui. Peristiwa di suatu negara mampu diketahui oleh masyarakat dari negara lain dalam waktu yang sangat cepat. Hal inilah yang dimaksud dengan batas-batas antarnegara seakan-akan tidak ada lagi. Batas geografis suatu negara tidak lagi menjadi penghalang. Terlebih untuk mengetahui isu yang berkembang di negara tersebut.
Globalisasi dipengaruhi oleh perkembangan alat komunikasi dan transportasi. Perkembangan alat komunikasi, antara lain penggunaan satelit, telepon, komputer, dan internet. Alat komunikasi canggih memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Berkembangnya alat transportasi memungkinkan seseorang bepergian ke negara lain dengan mudah dan cepat. Bahkan, dengan perkembangan teknologi transportasi yang canggih insan mampu mendarat di bulan.