Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap dan Mendetail

Hai kawan-kawan, kali ini saya mau mengembangkan bahan bermanfaat lagi nih, judulnya pengertian globalisasi menurut para ahli dan pengertiannya secara umum. Istilah globalisasi sudah sering sekali kita dengar dan sering kita temui pertanyaan-pertanyaan yang berafiliasi dengan Globalisasi, terutama pada mata pelajaran PKn dan Sosiologi.

Nah kalian tahu nggak apa itu globalisasi? Jika tidak tahu, berikut saya jelaskan Pengertian Globalisasi Secara Umum.

Globalisasi adalah proses menyebarnya banyak sekali macam unsur-unsur dari seluruh penjuru dunia yang masuk ke suatu tempat melalui media cetak maupun elektronik.

Perkembangan teknologi merupakan unsur yang paling besar lengan berkuasa besar bagi adanya globalisasi ini, pasalnya dengan teknologi yang semakin canggih terutama teknologi komunikasi membuat dunia seakan menjadi sempit, sebab kita bisa berafiliasi dengan banyak sekali orang dari banyak sekali penjuru dunia.

Itu dia pengertian sederhana dari Globalisasi itu sendiri, selanjutnya kita lihat pembahasan dari para andal mengenai pengertian globalisasi.
(Baca juga artikel mengenai pengertian HAM menurut para ahli)

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Globalisasi

Pengertian globalisasi menurut para andal antara lain yaitu:
  • Selo Soemardjan
Menurut tokoh asal Indonesia ini, yang dimaksud globalisasi ialah proses terbentuknya suatu jaringan organisasi yang besar mencakup seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah khusus yang sama.

  • Achmad Suparman
Menurut beliau, Globalisasi yaitu suatu proses yang menimbulkan semua individu yang ada didunia ini tidak dibatasi oleh apapun baik wilayah maupun ruang dan waktu.

  • Edison A. Jamli dkk
Menurutnya yang dimaksud globalisasi ialah suatu proses yang muncul melalui ilham atau gagasan yang kemudian diikuti oleh negara-negara lain dan pada risikonya dianut bersama oleh negara-negara tadi.

  • Emanuel Ritcher
Definisi dari Globalisasi menurut ia yaitu sebuah jaringan kerja global yang menimbulkan semua orang bersatu dimana sebelumnya mereka terpencar dan terisolasi satu sama lain yang nantinya akan saling membutuhkan dan bisa menciptakan persatuan dunia.

  • Thomas L. Friedman
Menurutnya, Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi yatu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi yaitu teknologi isu yang telah menyatukan seluruh orang di banyak sekali kepingan dunia.

  • Malcom Waters
Menurut beliau, globalisasi ialah proses sosial yang membuat batas geografis pada keadaan sosial budaya menjadi tidak begitu penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

  • John Huckle
Menurutnya, Globalisasi ialah sebuah proses dengan kejadian, acara dan keputusan di salah satu kepingan dunia yang berkembang menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di tempat yang jauh sekalipun.

  • Laurence E. Rothenberg
Menurut beliau, globalisasi ialah percepatan sebuah kekerabatan antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah suatu negara dengan negara lainnya.

  • Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Globalisasi yaitu proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi lintas negara dan lintas budaya.

  • Anthony Giddens
Menurutnya globalisasi ialah intensifikasi kekerabatan sosial seluruh dunia yang menghubungkan tempat yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya.

  • Martin Albrown
Menurutnya, globalisasi ialah kekerabatan dari seluruh proses dimana penduduk dunia berafiliasi ke dalam sebuah organisasi tunggal dan global.

  • Princenton N. Lyman
Globalisasi ialah pertumbuhan dunia yang semakin cepat dan saling bergantung antara satu negara dengan negara lainnya dalam hal perdagangan dan keuangan.

  • Scholte
Beliau mengartikan bahwa globalisasi yaitu meningkatnya kekerabatan internasional antar negara dengan tetap mempertahankan identitasnya masing-masing namun menjadi semakin tergantung satu dengan yang lainnya.

Nah itu dia definisi globalisasi menurut para andal dan secara umum, supaya bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel bermanfaat ini ya..
(Jangan lupa baca artikel mengenai pengertian pelanggaran HAM)