Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pemikiran insan selalu berkembang alasannya yaitu insan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan diskripsi pengertian geografi yang dikemukakan secara berbeda-beda oleh para ahli.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Eratosthenes (276-194 SM)
Geografi yaitu ilmu yang melukiskan atau menggambarkan keadaan bumi. Eratosthenes dikenal sebagai bapak “Geografi” dan dinggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.
2. Immanuel Kant (1724-1804)
Kant mengemukan bahwa geografi yaitu ilmu yang objek studinya meliputi benda-benda dan hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar diwilayah permukaan bumi.
3. Ellsworth Huntington (1876-1947)
Elssworth Huntington yaitu seorang geograf dan filsuf dari Jerman. Huntington menyatakan bahwa geografi yaitu studi wacana fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuni nya.
4. Richard Hartshorne (1899-1992)
Richard Hartshorne yaitu seorang geograf dari Amerika Serikat. Richard Hartshorne mengemukakan bahwa geografi yaitu displin ilmu yang mencoba menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel-variabel dari suatu daerah ketempat lain dipermukaan bumi sebagai daerah hidup manusia.
5. Bintarto
Bintarto yaitu seorang guru besar geografi di fakultas geografi, Universitas Gadjah Mada. Bintarto menyatakan bahwa geografi yaitu ilmu pengetahuan yang menceritakan, membuktikan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas wacana kehidupan dari unsur-unsur bumi.
6. Hasil Seminar dan Lokakarya Ikatan Geografi (IGI) (1968)
Berdasarkan hasil seminar dan Lokakarya Ikatan  Geografi Indonesia (IGI) di Semarang, Jawa Tengah. pada tahun 1988 diperoleh kesimpulan mengenai pengertian geografi. Geografi yaitu Ilmu Pengetahuan yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang lingkungan dan kewilayahan dalm konteks keruangan.
Itulah yang dikemukakan oleh para hebat geograf wacana pengertian geografi, sekian dan terimkasih 🙂