Pengertian Fauna, dan Persebaran Fauna di Dunia

Pengertian Fauna dan Persebaran Fauna di Dunia– Fauna atau hewan yang ada dipermukaan bumi penyebaran nya dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar yang sesuai untuk tempat tinggal hidupnya. Jika suatu kelompok fauna sudah tidak sesuai lagi untuk ditinggali di kawasan tertentu, kelompok fauna itu akan melaksanakan migrasi atau perpindahan ke kawasan lain. secara garis besar, kawasan pesebaran fauna di dunia mampu diklasifikasikan menjadi delapan wilayah persebaran.

Pengertian Fauna

Kata fauna berasal dari bahasa latin yang arti nya alam hewan. Dalam mitologi Romawi, kata fauna mampu diartikan sebagai kakak dari faunus, yang mampu diartikan sebagai roh yang baik hutan dan daratan.
jadi pengertian Fauna Merupakan lingkungan hewan yang mencakup semua jenis hewan dan kehidupannya yang berada diwilayah dan masa tertentu.

Persebaran Fauna di Dunia

1. Fauna Paleartik
Daerah Persebaran meliputi wilayah Siberia, Rusia, Sebagian besar Benua Eropa, kawasan sekitar laut Mediterania samapai Afrika bab utara, Cina, dan Asia bab timur laut termauk Jepang. Jenis fauna yang termasuk wilayah Palearatik antara lain aneka macam spesies anjing, termasuk serigala, tikus, kelinci, beruang kutub, panda, dan rusa kutub.

2. Fauna Neartik
Daerah persebaran nya meliputi Amerika Utara Sampai dengan Meksiko. Jenis Fauna nya antara lain antelop bertanduk cabang, tikus berkantung, kalkun, aneka macam jenis spesies burung, anjing, kelinci, ular, kura-kura, dan tupai.

3. Fauna Neotropik
Daerah persebaran nya meliputi Amerika Selatan, Meksiko bab Selatan, Amerika Tengah, dan India bab Barat. Jenis-jenis fauna Neotropik ialah armadillo, piranha, belut listrik, ilama (Unta Amerika Selatan), buaya, kadal, kura-kura, dan macam-macam jenis spesies kera. Fauna diwilayah Neotropik sebagaian besar terdiri atas bertulang belakang (vertebrata) sehingga wilayah ini sering kali disebut wilayah vertebrata.

4. Fauna Ethiopia
Fauna Ethiopia ini kawasan persebaran ini meliputi wilayah , madagaskar, Afrika, dan Jazirah Arab bab selatan. Jenis Fauna Ethiopia anatara lain kuda nil (yang terdapat hanya di sungai Nil Afrika), gorila, simpanse, unta, trenggiling, lemur, zebra, cheetah, singa, dan Zarafah.

5. Fauna Oriental
Daerah persebarannya meliputi Asia Selatan, dan Asia Tenggara, Termasuk Indonesia. Macam-macam Fauna Oriental yakni gibbon, badak, orangutan, gajah, harimau, rusa, banteng, aneka macam jenis unggas, Ikan, reptil, dan serangga.

6. Fauna Australia
Daerah Persebaran nya meliputi Papua, Kepulauan Aru, Asutralia, dan Tasmania. Jenis Fauna nya antaraa lain kanguru, platypus (cocor bebek), kuskus, koala, wallaby, cendrawasih, kasuari, ular piton, buaya, kadal, kakatua, dan merpati.

7. Fauna Selandia Baru
Daerah persebaran nya meliputi Selandia Baru (New Zealand) dan disekitar pulau-pulau kecil Oceania. Jenis Fauna Ocenia antara lain kiwi, dan sphenodon.


8. Fauna Antartika
Daerah persebaran nya meliputi Benua Antartika dan pualau-pulau kecil disekitarnya. Jenis Fauna Antartika antara lain pinguin dan anjing laut.

Itulah Ulasan Tentang Pengertian Fauna, dan Persebaran Fauna di Dunia, biar bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.

Baca Juga:  Arti peribahasa Usahlah sobat dimandikan pagi