Pengertian dan Contoh Defisiensi / Delesi Kromosom, Interkalar, Terminal, Penyebab, Mutasi

Pengertian dan Contoh Defisiensi / Delesi Kromosom, Interkalar, Terminal, Penyebab, Mutasi – Delesi atau defi siensi merupakan peristiwa hilangnya sebagian kromosom normal alasannya yakni patahnya kromosom. Potongan kromosom yang tidak memiliki sentromer (kromosom asentris), gen-gennya tidak berfungsi selama tahap anafase dan tertinggal pada bidang ekuatorial sel. Semakin lama, potongan kromosom tersebut akan hilang dan larut dalam plasma.
Berdasarkan letak terjadinya patahan kromosom, delesi dibedakan menjadi:
a) Delesi interkalar, yakni delesi yang terjadi jikalau terdapat dua patahan di adegan ujung kromosom. Perhatikan Gambar 1c.
b) Delesi terminal, yakni delesi yang terjadi jikalau terdapat satu patahan di adegan ujung kromosom (Gambar 1b). Delesi ini lebih sering dijumpai dibanding delesi interkalar.
 Delesi atau defi siensi merupakan peristiwa hilangnya sebagian kromosom normal alasannya yakni pat Pengertian dan Contoh Defisiensi / Delesi Kromosom, Interkalar, Terminal, Penyebab, Mutasi
Gambar 1. (a) kromosom normal, (b) patah di 1 tempat, (c) patah di 2 tempat.
Pada manusia, delesi terminal pada pasangan kromosom ke-5 menimbulkan sindrom yang disebut Cri-du-Chat di mana bunyi tangisannya seolah-olah dengan bunyi kucing.
Anda sekarang sudah mengetahui Delesi Kromosom. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.


Sumber http://www.nafiun.com/

Baca Juga:  Daftar Nama Kabupaten & Kota di Sulawesi Selatan