Pengertian dan Ciri Ciri Negara Kesatuan

Hai sob, pada artikel ini kita akan berguru wacana pengertian dan ciri ciri negara kesatuan. Nah sob kita kan tahu bila negara kita tercinta ini merupakan negara kesatuan, untuk lebih jelasnya diatur dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1 yang bunyinya :

Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik

Nah pasti sahabat penasaran kan wacana pengertian negara kesatuan itu? Oke eksklusif saja kita bahas pengertiannya.

Negara kesatuan merupakan negara yang bersusunan tunggal, artinya hanya ada satu pemerintahan pusat yang memiliki kekuasaan untuk mengatur seluruh kawasan dan tidak ada negara-negara episode ataupun kawasan yang bersifat negara.

Pemerintah menduduki tingkat tertinggi dan dapat memutuskan segala sesuatu yang terjadi dalam negara. Negara kesatuan disebut juga sebagai negara bersusun tunggal sehingga hanya ada satu kepala negara, satu undang-undang dasar, satu kepala pemerintahan, dan satu tubuh legislatif yang mewakili seluruh rakyat.

Adapun penyelenggaraan negara kesatuan dapat dilakukan melalui dua cara yaitu sebagai berikut :

A. Sistem Sentralisasi
Dalam sistem ini, segala sesuatu dalam negara eksklusif diatur dan diurus oleh pemerintah pusat, sedangkan kawasan tinggal melaksanakan.

B. Sistem Desentralisasi
Dalam sistem ini, kawasan diberi kesempatan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yang berarti bahwa kawasan memiliki hak otonomi untuk menyelenggarakan kekuasaan.

Ciri Ciri Negara Kesatuan Terlengkap

Ciri Ciri Negara Kesatuan
Nah setelah sedikit membahas wacana pengertian negara kesatuan, selanjutnya kita akan menuju ke bahan inti yaitu ciri ciri dari negara kesatuan.
  1. Negara hanya memiliki satu undang-undang dasar, satu kepala negara, satu dewan menteri, dan satu Dewan Perwakilan Rakyat.
  2. Hanya terdapat satu kebijakan yang menyangkut masalah politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.
  3. Kedaulatan negara meliputi kedaulatan kedalam dan keluar yang ditangai pemerintah pusat.
Negara kesatuan yang dipakai oleh bangsa kita ini yakni sistem desentralisasi. Untuk lebih terperinci dan tegas lagi, sahabat mampu baca UUD 1945 pasal 18 ayat 2 yang bunyinya :

Pemerintah kawasan provinsi, kawasan kabupaten, dan kota mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan peran pembantukan.

Nah latar belakang diterapkannya sistem desentralisasi yakni dorongan dan harapan untuk mewujudkan demokrasi, pemerataan, dan efisiensi.

Baca Juga:  Informasi Gunung Haramosh - Profil, Lokasi, Tinggi, Dsb

Melalui otonomi yang diberikan, diperlukan pemerintah kawasan dapat mewakili dan menjadi tangan panjang pemerintah pusat dalam melayani, mengakomodasi kebutuhan, dan meyelesaikan persoalan-persoalan kawasan masing-masing. Hal tersebut akan menciptakan efisiensi sebab jarak antara pemerintah dan masyarakat menjadi lebih dekat.

Sekian artikel dari saya mengenai pengertian dan ciri ciri negara kesatuan, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob, makasih…..