Pengertian dan Arti Bhineka Tunggal Ika Secara Umum

Untuk memupuk rasa nasionalisme dan persatuan serta kesatuan bangsa, kali ini saya mau mengembangkan sebuah artikel yaitu arti bhineka tunggal ika. Nah bhineka tunggal ika sendiri sangat melekat pada diri bangsa kita Indonesia dan menjadi semboyan negeri ini.

Bhineka tunggal ika secara singkat bissa diartikan sebagai moto atau semboyan bangsa Indonesia yang diambil dari frasa bahasa jawa kuno dan kalau diterjemahkan menjadi “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Jika kita artikan dari kata perkata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam” atau juga mampu diartikan berbeda-beda, tunggal berarti “satu”, dan juga ika berarti “itu. Nah kalau ketiga kata itu digabung akan menjadi “Beraneka ragam satu itu”. Jika diartikan menjadi berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan.

Nah dengan adanya semboyan tersebut, membuat bangsa ini semakin besar lengan berkuasa alasannya yaitu arti bhineka tunggal ika itu sendiri yaitu merujuk pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dengan adanya bhinneka tunggal ika itu, semakin membuat bangsa ini kuat. Itulah arti bhinneka tunggal ika yang sebenarnya.

Pengertian dan Arti Bhineka Tunggal Ika

Pengertian dan Arti Bhineka Tunggal Ika

Pengertian dari bhineka tunggal ika itu sendiri yaitu sebuah moto atau semoboyan yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia yang memiliki arti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua” yang mampu membuat bangsa Indonesia semakin kuat.

Definisi bhineka tunggal ika tersebut dikutip dari blog .

Sebagai bab dari bangsa, sudah sepatutnya kita harus mengamalkan semboyan tersebut pada kehidupan sehari-hari. Arti bhineka tunggal ika sendiri memiliki makna yang luas alasannya yaitu mencakup seluruh bangsa Indonesia. Walaupun terpisah antara satu daerah dengan daerah yang lain, tetapi tetap semuanya harus bersatu. Itulah makna bhinneka tunggal ika yang sebenarnya.

Mengapa Indonesia menggunakan semboyan bhineka tunggal ika?

Karena negara kita yang notabene terpisah -pisah, maka perlu yang namanya pemersatu untuk menghancurkan halangan berupa jarak tersebut, untuk itu bhineka tunggal ika sangat sempurna diterapkan di Indonesia.

Semboyan tersebut juga terdapat pada lambang dasar negara kita yaitu Pancasila. Terlihat pada gambar dibawah ini kalau burung tersebut mencengkram bersahabat semboyan bangsa kita tersebut. Itu yaitu bukti kalau makna bhinneka tunggal ika tidak mampu dikesampingkan begitu saja, alasannya yaitu makna dan nilai yang terkandung didalamnya sangat luhur sekali. Baca juga Pengertian ideologi pancasila.

Definisi dan Makna Bhineka Tunggal Ika

Nah sekian artikel kali ini mengenai pengertian bhineka tunggal ika dan juga arti bhineka tunggal ika. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.