Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi

Hai sobat, kali ini saya mau membuatkan isu perihal pengertian rotasi bumi dan akhir rotasi bumi itu sendiri. Nah pastinya teman semua sudah pernah mendengarkan yang namanya rotasi bumi? Jika belum hening sob, karena pada artikel ini saya akan menjelaskannya khusus untuk teman semua.

Pengertian Rotasi Bumi

# Pengertian Rotasi Bumi
Rotasi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur. Ya jadi arah perputarannya dari barat ke timur ya sob, jangan hingga salah.

Lama dari proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik yang lebih dikenal dengan satu hari.

Nah sob pasti pada benak teman pernah muncul pertanyaan yang mungkin awalnya dipertanyakan oleh banyak orang yang gres berguru perihal rotasi bumi ini, ya pertanyaan menyerupai ini :

Lho jadi bumi itu berputar ya? Kok kita nggak ngerasain ya jikalau bumi itu berputar, nah jikalau iya berputar pasti semua pada jatuh dong???


Nice question! Ya jikalau secara sekilas sih emang gitu ya, tapi itu ada penjelasannya sob mengapa kita tidak mencicipi jikalau bumi itu berputar dan kita juga tidak jatuh ketika berada di episode bawah.

Jawabannya :
Nah sob jadi gini, ketika masih SD dulu teman pernahkan berguru yang namanya gaya gravitasi? itulah alasan mengapa kita tidak mencicipi jikalau bahu-membahu bumi itu berputar, jadi ada pengaruh dari gaya tarik bumi atau istilahnya gravitasi bumi yang akan menarik semua benda ke arah sentra gravitasi bumi itu sendiri.

Kaprikornus walaupun bumi itu berputar, selama gaya gravitasi ini masih berlaku, maka selama itu pula kita tidak akan mencicipi pergerakan rotasi bumi dan kita tidak akan jatuh ketika kita pada posisi bawah.

Baca Juga:  CEK TANGGAL DAN WAKTU SAAT INI (JAM ONLINE)

Gimana sob? sudah jelaskan?? Oke lanjut…..

Sobat lain juga membaca : [ Akibat Revolusi Bumi ]

Akibat Rotasi Bumi

Nah sob setelah kita berguru mengenai pengertian rotasi bumi, sekarang waktunya kita untuk mencari tahu apa sih akhir yang terjadi dari rotasi bumi itu sendiri. Kita akan tahu jawabannya setelah membaca artikel ini….
Akibat Rotasi Bumi :
Akibat Rotasi Bumi
# Terjadinya Siang dan Malam
Nah akhir rotasi bumi yang pertama yakni terjadinya siang dan malam. Hal ini mampu terjadi karena ketika bumi mengalami rotasi ada 2 episode yang mana sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Nah episode yang menghadap matahari ini akan terjadi waktu siang, dan episode yang membelakangi matahari akan terjadi waktu malam. Begitu sob penjelasannya.
# Terjadinya Gerak Semu Harian Matahari
Akibat rotasi bumi yang selanjutnya yakni terjadinya gerak semu harian matahari. Nah pasti teman berpikiran jikalau matahari itu bergerak mengelilingi matahari, itu teori yang salah sob, teori yang benar yaitu bumi yang bahu-membahu mengelilingi matahari. Matahari itu membisu sob, ia menjadi sentra tata surya yang mana dikelilingi oleh planet-planet yang ada di alam semesta ini, termasuk bumi. Penjelasan mengenai pergerakan semu harian matahari ini disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat seperti matahari itu mengelingi bumi.
Akibat Terjadinya Rotasi Bumi
# Terjadinya Perbedaan Waktu
Selain berakibat pada terjadinya siang dan malam, ternyata rotasi bumi juga kuat pada perbedaan waktu dibagian episode bumi. Terdapat 24 tempat waktu yang ada dibumi. Pusatnya berada di kota Greenwich di Inggris yang terletak pada bujur 0. Nah kemudian untuk menentukan waktu pada wilayah lainnya ditentukan dengan menghitung selisih bujurnya, jadi Setiap selisih 15⁰ menyebabkan selisih perbedaan waktu 1 jam. Bagian bumi disebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan episode bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat dari Greenwich.
# Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi bumi
Rotasi bumi menyebabkan terjadinya gaya sentrifugal yaitu gaya yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya bumi menjadi tidak lingkaran sempurna, ada pepat pada kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi yang berbeda antara tempat kutub dengan khatulistiwa. Daerah kutub memiliki percepatan gravitasi yang lebih besar dibanding dengan di khatulistiwa.
# Terjadinya pembelokan angin
definisi angin sendiri yakni udara yang bergerak atau berpindah tempat karena pebedaan tekanan. Angin bertiup dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah.
# Terjadinya pembelokan arah arus laut
Angin mengakibatkanterjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah perputaran jarum jam, sedangkan pada belahan bumi episode utara arah arus laut Gerak pembelokan arah angin dan arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut sebagai akhir rotasi bumi disebut efek Coriolis
Akibat Rotasi bumi yang lain :
  • Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
  • Terjadinya gaya coriolis
  • Dapat berfungsinya satelit
  • Terjadi perubahan arah bandul (efek Faucault)
  • Adanya jetlag bila kita naik pesawat
Baca Juga:  Cara Makan Kenyang dengan Harga Murah (Tidak Mahal)
Nah sekian artikel dari saya sob mengenai pengertian dan akhir rotasi bumi, biar bermanfaat ya…