Pengertian dan 4 Dampak Revolusi Bumi Lengkap

Pengertian dan 4 Revolusi Bumi Lengkap–  Revolusi Bumi ?? semua pasti pernah mencicipi nama nya revolusi bumi, salah 1 rujukan revolusi bumi adaalah pergantian musim, menyerupai ada demam isu semi, demam isu panas, demam isu gugur, dan demam isu dingin. terjadi nya pergantian demam isu dikarenakan ada nya pergeseran garis edar matahari. Unutk lebih dalam lagi mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengetian Revolusi Bumi

Revolusi Bumi yaitu peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi akhir tarik menarik gaya gravitasi matahari  dengan gravitasi bumi dan rotasi bumi. Lama revolusi bumi dalam satu kali mengelilingi matahari yaitu 365 1/4 hari. Bumi berevolusi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika., tetapi miring dengan membentuk sudut 23 derajat 30 terhadap matahari atau 66 derajat 30 terhadap sumbu rotasi bumi. Sudut ini diukur dari garis imajiner yang membelah kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan garis ekuator. Ketika berevolusi bumi membentuk bidang ekliptika. Sudut yang dibentuk oleh bidang ekliptika dengan bidang orbit bumi tertentu disebut sudut inklinasi bumi.

4 Dampak Revolusi Bumi

1. Perbedaan Lama Siang dan Malam
Matahari tidak selalu terbit dari tempat yang sama setiap pagi, tetapi bergeser sedikit demi sedikit. Pergeseran titik terbit matahari mengikuti garis edar matahari. Posisi matahari bergeser mulai dari ekuator ke garis balik utara kemudian bergeser ke garis balik selatan dengan melewati ekuator. Setelah hingga digaris balik selatan, posisi atau garis edar matahari disebabkan oleh kombinasi revolusi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika. Pergeseran ini berlangsung selam satu tahun dan terus berulang.
2. Gerak Semu Matahari 
Posisi matahari bergeser ke arah cuilan Bumi utara (tanggal 22 Desember- 21 Juni) dan bergeser ke arah bumi selatan (tanggal 21 Juni – 22 Desember). Pergeseran posisi matahari ini disebut gerak semu harian matahari. gerak itu disebut gerak semu karena bersama-sama matahari tidak bergerak. gerak itu akhir revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring. Anda dapat menunjukan adanya gerak semu matahari. Misalnya pada bulan Maret Matahari terbit diantara dua bukit. pada tiga bulan lagi titik terbit matahari pasti bergeser, mungkin kesebelah utara bukit atau ke sebelah selatan bukit.
3. Perubahan Musim
Pergeseran garis edar matahari juga menyebabkan perubahan musim. Di kawasan tropis demam isu dibedakan menjadi dua, yaitu demam isu kemarau yang kering dan demam isu hujan yang basah. Sementara itu, didaerah subtropis, baik dibelahan bumi utara maupun dibelahan bumi selatan, demam isu dibedakan menjadi 4, yaitu demam isu semi, demam isu panas, demam isu gugur, dan demam isu dingin.  Musim-musim di kawasan tropis dan subtropis berulang dalam satu tahun. Jenis demam isu didaerah subtropis dan waktu terjadinya sebagai berikut :
– Musim dibelahan Bumi  Utara 
  • Musim Semi : Tanggal 21 Maret- 21 Juni
  • Musim Panas : Tanggal 21 Juni- 23 September
  • Musim gugur : Tanggal 23 September- 22 Desember
  • Musim Dingin : Tanggal 22 Desember – 21 Maret 
– Musim di Belahan Bumi Selatan
  • Musim Semi : Tanggal 23 September – 22 Desember
  • Musim Panas : Tanggal 22 Desember – 21 Maret
  • Musim gugur : Tanggal 21 Maret- 21 Juni
  • Musim Dingin :  Tanggal 21 Juni- 23 September
4. Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
Susunan banyak bintang yang tampak dari Bumi membentuk pola tertentu. Susunan banyak bintang ini disebut rasi bintang. Jarak rasi-rasi bintang tampak berdekatan. Akan tetapi sebenar nya rasi-rasi bintang tidak berdekatan. Letak bintang-bintang sangat jauh jarak nya  sehingga dikala diamati dari bumi seakan-akan jaraknya tampak berdekatan. anda mungkn mengenal beberapa rasi bintang menyerupai Aquarius, Capricornus, Pisces, Gemini, Scorpio, Libra, dan Leo.
Itulah penjelasan tentang  Pengertian dan 4 Dampak Revolusi Bumi Lengkap, supaya bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimaksih.

Baca juga :

Persebaran Flora di Indonesia 
Pengertian dan 6 Dampak Rotasi Bumi Secara Lengkap