Pengertian Bioteknologi

Pengertian BioteknologiBioteknologi merupakan puncak dari perkembangan ilmu biologi. Oleh alasannya itu, perkembangan teknologi memengaruhi pula perkembangan biologi. Biologi saling berkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain. Beberapa cabang biologi dan ilmu kimia yang mendukung kemajuan dan perkembangan bioteknologi, antara lain: sitologi, fisiologi, mikrobiologi, biologi molekuler, genetika (genetika molekuler dan rekayasa genetika), biokimia, dan teknik kimia. Adanya bioteknologi menyebabkan peningkatan nilai tambah dari materi mentah.

Berikut yakni pendapat beberapa mahir wacana istilah bioteknologi.

  1. Bull Etaf (1982) mendefinisikan bioteknologi sebagai penerapan asas-asas sains (Ilmu Pengetahuan Alam) dan rekayasa untuk pengolahan suatu bahan, dengan melibatkan kegiatan jasad atau mikrobia hidup untuk menghasilkan barang dan jasa.
  2. Smith (1981) mendefinisikan bioteknologi sebagai upaya pemanfaatan organisme untuk usaha industri dan manufaktur.
  3. Tri Wibowo (2001) mendefinisikan bioteknologi sebagai suatu penerapan teknik-teknik biologi, biokimia, dan rekayasa dalam pengolahan materi dengan memanfaatkan agensia jasad hidup dan komponen-komponennya untuk menghasilkan barang dan jasa.
  4. Primrose (1987) mendefinisikan bioteknologi secara lebih sederhana, yaitu eksploitasi komersial organisme hidup atau komponennya (misalnya: enzim).
Anda sekarang sudah mengetahui Pengertian Bioteknologi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.


Sumber http://www.nafiun.com/