Pengertian Beda Fase Gelombang Fisika, Puncak dan Lembah, Frekuensi, Sudut, Arah

Pengertian Beda Fase Gelombang Fisika, Puncak dan Lembah, Frekuensi, Sudut, Arah – Penjelasan mengenai suatu tahap yang telah dicapai oleh suatu gerak berkala, biasanya dengan membandingkan dengan gerak lain yang sejenis dengan frekuensi sama disebut fase. Dua gelombang dikatakan sefase, bila keduanya berfrekuensi sama dan titik-titik yang bersesuaian berada pada kawasan yang sama selama osilasi (misalnya, keduanya berada pada puncak) pada ketika yang sama. Jika yang terjadi sebaliknya, keduanya tidak sefase.
 Penjelasan mengenai suatu tahap yang telah dicapai oleh suatu gerak terpola Pengertian Beda Fase Gelombang Fisika, Puncak dan Lembah, Frekuensi, Sudut, Arah
Gambar 1. Beda fase dua gelombang.
Dan dua gelombang berlawanan fase jikalau perpindahan keduanya sempurna berlawanan arah (misalnya, puncak dan lembah). Beda fase antara dua gelombang menyatakan ukuran seberapa jauh, diukur dalam sudut, sebuah titik pada salah satu gelombang berada di depan atau di belakang titik yang bersesuaian dari gelombang lainnya. Untuk gelombang-gelombang yang berlawanan fase, beda fasenya yaitu 180o; untuk yang sefase, besarnya 0o.

Anda sekarang sudah mengetahui Fase Gelombang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 298.


Sumber http://www.nafiun.com/